Konsep Rest Area Tol Solo-Jogja dan Gilimanuk-Mengwi Bocor, Bakal Out of The Box

Irsyaad W - Rabu, 7 Desember 2022 | 09:05 WIB
Tol Solo-Jogja.
Dok. Tribun News
Tol Solo-Jogja.

Otomotifnet.com - Konsep rest area tol Solo-Jogja dan Gilimanuk-Mengwi bocor.

Disebut bakal out of the box atau beda dari rest area kebanyakan.

Bocoran ini disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Menurutnya, terdapat dua jalan tol baru yang sedang dibangun seperti di Tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo dan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali yang rencananya akan dikembangkan konsep rest area yang beda dengan lainnya.

"Nantinya exit tol dari masing-masing jalan tol tersebut dikembangkan menjadi pusat ekonomi baru dengan desa wisata, sehingga pengembangan potensi setiap daerah dan masyarakat setempat," ujar Danang dikutip dari laman BPJT, (30/11/22).

Kementerian PUPR terus berupaya mewujudkan kualitas pelayanan yang baik dalam mendukung kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Layanan tersebut harus didukung dengan keberadaan rest area sesuai dengan indikator pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Apalagi telah ditetapkan Peraturan Menteri PUPR No. 28 tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol yang menjadi nilai tambah terhadap sisi kualitas pelayanan di jalan tol dan para tenant.

Danang menjelaskan, Kementerian PUPR bersama-sama bersama Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) juga berupaya memikirkan model bisnis untuk rest area sebagai ruang komersial pada infrastruktur publik yang semakin lebih baik.

Seperti halnya inovasi pengembangan bisnis ke depan adalalah pengembangan TIP Transit Hub yang dapat diaplikasikan, sehingga bisa langsung terintegrasi antar moda transportasi.

"Contoh yang diterapkan di Jalan Tol Cibitung-Cilincing sekitar 40 hektar lahan untuk pengembangan TIP yang terkoneksi dengan kawasan container dalam memaksimalkan pelayanan kendaraan logistik menuju Pelabuhan," terangnya.

"Kemudian adanya rencana pengembangan TIP ruas tol Jagorawi dan LRT Jabodetabek berdekatan dengan TMII sehingga dapat memberikan nilai tambah yang saling terintegrasi dan berkembang lebih baik," tukas Danang.

Baca Juga: Rest Area Tol Solo Raya Bakal Beda, Rencana Nyambung Jalur Wisata Sampai Industri

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/30/120000321/konsep-rest-area-di-tol-solo-yogya-dan-gilimanuk-mengwi-bakal-beda-ini

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa