Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diacungi Jempol, Angka Kecelakaan di Tol Cipali Turun Dibanding Tahun Lalu

Ferdian - Rabu, 14 Desember 2022 | 18:17 WIB
Jalan Tol Cipali tetap beroperasi di tengah pandemi
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Jalan Tol Cipali tetap beroperasi di tengah pandemi

Otomotifnet.com - Dibanding tahun 2021, angka kecelakaan di ruas Tol Cipali pada 2022 turun 15 persen.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo mengatakan, data dari Kementerian Perhubungan, tingkat fatalitasnya berada di tingkat sedang.

"Dibandingkan 2021, kita turun 15 persen dan memang dari data Kemenhub, kita memiliki tingkat totaliti yang sedang," ujar Agung (13/12/2022).

Ada beberapa faktor yang bikin angka kecelakaan di Tol Cipali turun.

Salah satunya adalah pemasangan instrumen keselamatan di sepanjang ruas jalan dan sosialisasi keselamatan yang semakin digencarkan.

“Salah satunya kami terus melakukan kampanye keselamatan kepada para pengguna jalan. Kami juga terus berkomitmen dalam menciptakan kondisi jalan yang nyaman dan aman bagi para pengguna jalan dengan upaya penambahan fasilitas keselamatan di Jalan Tol,” ucapnya.

Sementara instrumen penunjang keselamatan di sepanjang ruas jalan Tol Cipali antara lain pemasangan wire rope atau sling baja di 106 KM, pemasangan alat timbang weight in motion (WIM), pemasangan marka speed reducer dan pemasangan lampu strobo di 9 titik area blindspot.

"Ada juga pemasangan 10 lampu flip flop, pemasangan 40 titik lampu tiang & tradisional bentuk yang mewakili budaya 5 kabupaten sebagai aksesoris untuk mengurangi kejenuhan pengguna jalan, serta 166 CCTV yang tersebar di setiap kilometer," jelasnya.

Sementara, dalam mengoptimalkan layanan menjelang libur natal dan tahun baru 2023, di seluruh jalur Astra Infra telah menyiapkan petugas khusus atau Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang berjumlah lebih dari 1.300 personil yang telah kick off secara nasional melalui Apel Gelar Pasukan yang dipusatkan di Tol Cikopo-Palimanan.

Untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 35 armada PJR, 48 armada derek,10 kendaraan rescue dan 20 ambulans.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa