Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengamat Sarankan Insentif Kendaraan Listrik Buat Beli Bus Saja, Ini Alasannya

Ferdian - Rabu, 28 Desember 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Naufal Shafly/GridOto.com
Ilustrasi mobil listrik

Otomotifnet.com - Rencana insentif pembelian kendaraan listrik dinilai bisa malah timbulkan masalah baru.

Hal ini disampaikan oleh Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan insentif untuk kendaraan listrik sebesar Rp 5 triliun yang telah melalui kajian, serta mempelajari pengalaman sejumlah negara terutama di Eropa.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI, Djoko Setijowarno, mengatakan insentif kendaraan listrik bisa menimbulkan masalah baru seperti jalan tambah macet.

"Sesungguhnya kebijakan yang tengah diformulasikan pemerintah saat ini masih kurang tepat, karena bisa menimbulkan masalah baru seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ujar Djoko dalam keterangan tertulisnya (27/12/2022).

Lanjut menurut Djoko, ada baiknya kebijakan tersebut ditinjau ulang sesuai dengan kebutuhan dan visi ke depan transportasi Indonesia.

Ia pun mengungkapkan, baiknya insentif diberikan untuk kendaraan umum sehingga macet, polusi dan kecelakaan akan teratasi sekaligus.

Ilustrasi bus listrik
Dok. DAMRI
Ilustrasi bus listrik

"Insentif kendaraan listrik semestinya dialokasikan untuk pembelian bus listrik untuk angkutan umum. Hal ini akan mendorong penggunaan angkutan umum yang nyaman dan ramah lingkungan," ucap Djoko.

Selain itu, saat ini Indonesia sedang mengalami krisis transportasi umum dan sudah banyak transportasi umum yang tidak beroperasi di banyak daerah.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa