Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Insentif PPnBM Diperpanjang, Penjualan Mobil Bekas Kena Dampak Apa?

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Jumat, 25 Maret 2022 | 19:40 WIB
Carsome Luncurkan Experience Center
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Carsome Luncurkan Experience Center

Otomotifnet.com - Insentif PPBM untuk mobil baru diperpanjang pemerintah.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5/PMK.010/2022, tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Diketahui, perpanjangan masa berlaku insentif PPnBM ini tak hanya berdampak positif terhadap penjualan mobil baru, tapi juga untuk penjualan mobil bekas.

Hal tersebut diungkapkan Donald Rachmat, General Manager Carsome Certified Indonesia disela peresmian Experience Center terbesarnya di Puri Indah, Jakarta Barat.

"Kami melihat pemerintah serius memikirkan industri otomotif di Indonesia. Pemberian insentif pajak industri otomotif berdampak yang sangat positif bagi keseluruhan industri otomotif baik mobil baru dan mobil bekas," ujar Donald kepada wartawan (24/3/2022).

Namun, Donald tidak menjelaskan secara detail pertumbuhan bisnis jual-beli mobil bekas di plaform Carsome.

Ia menyebut, dengan adanya insentif PPnBM untuk mobil baru dari pemerintah akan berpengaruh di industri mobil bekas untuk jangka panjang.

"Secara long term apa yang terjadi di mobil baru, akan terjadi juga di mobil bekas. Dan ini menjadi kesempatan bagi kami di industri mobil bekas karena irisan itu," sambungnya.

Selain itu, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sudah mulai membaik membuat kinerja penjualan mobil bekas Carsome mengalami pertumbuhan.

"Situasi pandemi Covid-19 yang kini semakin membaik, satu hal yang bisa kami sampaikan selama pandemi 2021 sampai 2022 kami tetap mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan," jelas Donald.

Menurutnya, peningkatan penjualan mobil bekas di Carsome dipengaruhi salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

"Ini bisa terjadi karena layanan kami konsisten memberikan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan di Carsome. Tentunya kami berharap ketika pandemi selesai pertumbuhan akan tetap meningkat lebih signifikan," pungkasnya.

Baca Juga: Toyota Ngaku Belum Rasakan Dampak Positif Insentif PPnBM, Minta Diperpanjang?

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa