Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas Jangan sampai Mogok di Jalan, Ini Tanda Fuel Pump Mobil Perlu Diganti

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 11 Maret 2023 | 13:30 WIB
Fuel Pump mobil yang sudah lemah
Abdul Aziz Masindo
Fuel Pump mobil yang sudah lemah

Otomotifnet.com - Fuel pump atau pompa bahan bakar minyak (BBM) yang sudah lemah dan waktunya diganti berisiko mobil mogok di jalan, tentunya hal tersebut bikin repot.

Nah biar enggak merepotkan kalau fuel pump sudah tidak bekerja lagi, sebenarnya bisa diketahui dari ciri-ciri fuel pump sudah waktunya diganti.

Sesuai dengan namanya, fuel pump atau pompa bahan bakar memiliki tugas sebagai pemompa bahan bakar dari tangki BBM menuju injektor atau karburator yang kemudian diteruskan ke mesin.

"Fuel pump secara umum ada dua jenis, ada yang mekanis yang digerakkan oleh putaran mesin, dan ada yang elektrik, kebanyakan mobil-mobil sekarang pakai yang elektrik," buka Yanto kepala bengkel Teluk Motor di Jl Marsekal Suryadarma, Tangerang.

"Fuel pump elektrik kan namanya kelistrikan ada umurnya, biasanya 5 sampai 10 tahun," lanjut Yanto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Yanto menambahkan, selain faktor usia, ada faktor lain yang membuat fuel pump mobil waktunya diganti, seperti BBM dan filter BBM yang sering kotor, serta kebiasaan menyisakan sedikit BBM di tangki.

Ilustrasi fuel pump mobil
Ryan/GridOto.com
Ilustrasi fuel pump mobil

"Untuk meyakinkan fuel pump mobil sudah lemah, itu dengan membuka slang balik (return line) yang berada di intake manifold," papar yanto.

"Setelah itu hubungkan slang ke return line, fuel pump yang sudah lemah, ketika mesin di hidupkan, tekanan bahan bakar yang keluar dari slang return line lemah atau enggak keluar sama sekali, artinya fuel pump lemah dan perlu diganti," lanjutnya.

"Yang masih bagus (fuel pump) tekanan bahan bakar yang keluar kencang," tambah Yanto yang bengkelnya di Jl Marsekal Suryadarma, Tangerang.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa