Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Ciri-ciri Mobil Diesel Konsumsi BBM Tidak Sesuai Rekomendasi

ARSN - Senin, 13 Maret 2023 | 13:25 WIB
Ilustrasi mesin mobil diesel
Aries Aditya
Ilustrasi mesin mobil diesel

Otomotifnet.com - Ini nih bestie ciri-cirinya jika mobil diesel konsumsi BBM tidak sesuai anjuran yang direkomendasikan.

Pasalnya, garansi mobil diesel Toyota Fortuner dan innova diesel bisa gugur kalau pakai BBM tidak sesuai rekomendasi pabrikan.

Bahkan pembeli mesti tanda tangan surat perjanjian soal BBM yang digunakan jika ingin membeli mobil diesel Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova diesel.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa garansi Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova diesel bisa gugur jika diisi bahan bakar diesel yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, yaitu Cetane Number (CN) minimal 51 dan kandungan sulfur minimal 50 ppm.

Buat informasi, garansi Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova diesel berlaku selama 3 tahun atau 100.000 kilometer mana yang tercapai lebih dulu.

"Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai surat perjanjian bisa menggugurkan garansi," jelas Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Ilustrasi pompa pengisian Bio Solar di SPBU Pertamina
Rizky/Dok OTOMOTIF
Ilustrasi pompa pengisian Bio Solar di SPBU Pertamina

Ia mengungkapkan, gugurnya garansi akibat tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai bisa terlihat dari catalytic converter.

Dalam servis berkala akan dilakukan pengecekan terhadap komponen tersebut.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Diesel Chevrolet, Bengkel Spesialis Ungkap Bagian Paling Sensitif

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa