Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Pakai Mobil Listrik Siapa Takut, Ratusan SPKLU Tersebar di Jalan Tol

Ferdian - Senin, 20 Maret 2023 | 10:30 WIB
Ilustrasi mengisi di SPKLU PLN
Aries Aditya/GridOto.com
Ilustrasi mengisi di SPKLU PLN

Otomotifnet.com - Jangan panik mobil listrik yang dipakai mudik kehabisan baterai di jalan.

Dilansir dari rilis di halaman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), di Tol Trans Jawa ada dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), tepatnya di rest area KM 207A dan KM 389B.

Tak hanya di Tol Trans Jawa, ada juga satu unit SPKLU di ruas Tol Trans Sumatera, tepatnya di rest area KM 163A.

Kepala BPJT, Danang Parikesit mengatakan, selain SPKLU, pemudik yang pakai mobil listrik dan konvensional juga bisa memanfaatkan 127 rest area yang tersebar di seluruh jalan tol di Indonesia.

"Terdapat rest area tipe A sebanyak 79 unit, tipe B 38 unit, dan tipe C 10 unit," ungkap Danang dalam rilis di halaman resmi BPJT yang diterima (19/3/2023).

Selain itu, terdapat juga rest area fungsional yang bisa digunakan para pemudik, yakni rest area KM 19B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dan rest area KM 338A dan KM 319B Jalan Tol Pemalang-Batang.

Danang menambahkan, informasi lokasi rest area dan SPLKU tersebut bisa diakses melalui aplikasi Tol Kita yang tersedia bagi pengguna smartphone Android dan iOS.

Selain informasi soal posisi SPKLU di tol, pemudik yang melakukan perjalanan pakai mobil listrik juga bisa memanfaatkan aplikasi Tol Kita untuk mengakses CCTV di jalan tol.

Hal tersebut dilakukan untuk memantau arus lalu lintas secara real time, sehingga pengguna mobil listrik bisa merencanakan perjalanan dengan baik.

Jangan sampai karena tidak tahu lokasi SPLKU dan malah terjebak macet, mudik pakai mobil listrik berhenti di tengah perjalanan gara-gara kehabisan baterai.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa