Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Geger Mobil Damkar Dipersulit Masuk Tol Jatiwarna, Jasa Marga Bilang Begini

Ferdian - Rabu, 22 Maret 2023 | 07:30 WIB
Ilustrasi mobil damkar
YouTube/GridOto News
Ilustrasi mobil damkar

Otomotifnet.com - Media sosial dihebohkan video mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dipersulit saat akan masuk dan melintasi Tol Jatiwarna Kota Bekasi (20/03/2023).

Video tersebut viral usai diunggah di akun Instagram @net2netnews (21/03/2023).

Video berdurasi 54 detik itu memotret situasi anggota Damkar yang bersitegang dengan petugas yang berjaga di Gerbang Tol Jatiwarna.

Karena nampaknya mobil Damkar yang hendak melakukan penyelamatan mendapat kesulitan terkait izin untuk masuk dan melintasi Tol Jatiwarna.

Menanggapi video tersebut, pihak Jasa Marga melalui Marcomm Dept. Jasamarga Metropolitan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait petugas customer service yang diduga menghambat perjalanan Rescue Damkar di Gerbang Tol Jatiwarna 1.

"Atas tindakan tersebut, akan dilakukan evaluasi di lapangan dan petugas terkait akan diberikan teguran," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/03/2023).

Secara prosedur dalam kondisi darurat atau penanganan kendaraan prioritas, Jasa Marga menyiapkan satu lajur transaksi untuk dapat dilalui kendaraan petugas.

Untuk mengantisipasi berbagai ukuran kendaraan, mayoritas disiapkan lajur paling kiri pada gerbang tol dengan lebar lajur mencapai 3,5 meter sesuai Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol oleh Bina Marga No. 007/BM/2009.

Dalam hal kondisi darurat, petugas Customer Service Supervisor (CSS) Jasa Marga akan menonaktifkan Automatic Lane Barrier (ALB) serta mencatat jumlah dan golongan kendaraan yang melintas.

Selanjutnya hal ini akan dituangkan dalam Berita Acara dan dilaporkan kepada instansi terkait dengan melampirkan tangkapan CCTV serta data dukung lainnya sebagai kelengkapan administrasi pembayaran tol.

"Sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf dan berharap kejadian serupa tidak terulang kembali," pungkasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NET2NETNEWS ???? (@net2netnews)

Baca Juga: Pemilik Innova Telfon Damkar Minggu Siang, Kap Mesin Dibuka Nemu Reptil

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/21/093000621/viral-mobil-damkar-tak-boleh-masuk-tol-jatiwarna-ini-respons-jasa-marga

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa