Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Mudik Aman dan Nyaman, Ketahui Masalah Kaki-kaki Mobil dan Cara Ceknya

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 9 April 2023 | 10:30 WIB
Ilustrasi pengecekan kaki-kaki mobil bekas
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Ilustrasi pengecekan kaki-kaki mobil bekas

Otomotifnet.com - Mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi masih menjadi pilihan Masyarakat Indonesia, namun hal yang perlu diperhatikan selain kondisi fisik pengemudi yang prima adalah kondisi mobil tersebut, supaya perjalanan mudik aman dan nyaman.

Mulai dari kondisi mesin, kelistrikan, pendigingin mesin, hingga kaki-kaki, sebab kaki-kaki mobil yang bermasalah dapat mengganggu kenyamanan.

Selain mengurangi kenyamanan, kaki-kaki mobil juga berhubungan dengan keselamatan, sebab komponen kaki-kaki mobil yang sudah mulai aus dapat mengganggu kestabilan dan control berkendara.

Menurut Agun Gunawan, owner GY Autoshock di Bulak Kapal, Bekasi Timur, Jawa Barat menjabarkan, komponen di kaki-kaki mobil yang sering kena.

Sebab komponen kaki-kaki mobil memiliki usia tertentu, apalagi jika mobil tersebut sering digunakan di jalanan yang tidak bagus, komponen kaki-kaki akan lebih cepat rusak.

1. Sokbreker

Ilustrasi sokbreker mobil
Ryan Fasha/GridOto.com
Ilustrasi sokbreker mobil

Menurutnya, masalah kaki-kaki mobil yang sering ia temui adalah sokbreker atau shock absorber.

Sokbreker atau shock absorber sendiri fungsinya untuk meredam getaran saat mobil berjalan di atas permukaan jalan yang tidak rata.

"Paling sering sokbreker bocor, ngebagel atau ngunci dan juga ada yang as sokbreker bengkok, ada juga kaki-kaki bunyi gluduk-gluduk di jalan rusak," jelas Agun.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa