Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Banyak Tahu, Suspensi Belakang Motor Ternyata Ada 4 Jenis

Panji Nugraha - Kamis, 27 April 2023 | 22:45 WIB
Suspensi belakang model dual shock
Honda
Suspensi belakang model dual shock

Otomotifnet.com - Belum banyak orang tahu, suspensi belakang motor ternyata punya 4 jenis.

Suspensi belakang fungsinya sangat penting, selain meredam getaran dari jalan, juga berfungsi sebagai penyetabil saat bermanuver bahkan penyumbang kenyamanan dalam berkendara.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan.

"Ada dua posisi letak shockbreaker pada sepeda motor, diantaranya shockbreaker bagian depan dan belakang. Perlu diketahui selain ada beberapa jenis shockbreaker bagian depan, shock breaker bagian belakang juga ada beberapa jenis yang wajib diketahui serta fungsinya," paparnya.

Berikut beberapa jenis shockbreaker belakang sepeda motor :

1. Suspensi Belakang Ganda

Shock breaker jenis ini sangat umum digunakan pada model lawas, seperti Honda Tiger, Mega Pro dan semua jenis motor bebek.

Untuk saat ini hanya di beberapa produk saja yang mengaplikasikannya seperti Honda CB150 Verza, skutik besar seperti PCX160 dan ADV160 dan semua jenis motor bebek seperti Honda Revo series dan Honda Supra-X 125R.

Memiliki nama lain Dual Shock dual swing arm, dimana shockbreaker ini berdiri secara vertikal di atas dua buah swing arm yang mengapit ban belakang.

Terkadang untuk menambah performa dan meningkatkan fungsi terdapat fitur sub tank reservoir dan juga pengatur ketinggian untuk kenyamanan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa