Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Hadapi Pengemudi Konyol, Awas Jangan Emosi dan Mukul Duluan

Harryt MR - Senin, 8 Mei 2023 | 22:20 WIB
Perilaku konyol lantaran perbuatan dilakukan tanpa dilandasi nalar. Serta cenderung abai terhadap keselamatan serta ketertiban berlalulintas
Inne / Gridoto
Perilaku konyol lantaran perbuatan dilakukan tanpa dilandasi nalar. Serta cenderung abai terhadap keselamatan serta ketertiban berlalulintas

Otomotifnet.com - Belakangan ini banyak perilaku konyol, baik di jalan umum maupun jalan pemukiman. Disebut perilaku yang konyol lantaran perbuatan dilakukan tanpa dilandasi nalar.

Serta cenderung abai terhadap keselamatan serta ketertiban berlalulintas.

Sebut saja, penggunaan pelat dinas palsu, parkir dibahu jalan, pemakaian knalpot bising, penggunaan lampu strobo, ugal-ugalan juga arogan di jalan, serta pelanggaran lainnya.

Awas jangan terpancing emosi, sebab jika anda ‘nampol’ (pukul) duluan maka akan kena pasal penganiayaan.

Nah meskipun awalnya anda yang benar, namun jika anda memukul akan berlaku kebalikannya.

Oleh karenanya dalam situasi apapun harus mampu mengendalikan diri, jangan emosi, apalagi sampai melakukan pemukulan atau penganiayaan.

Sebab bakal kena jeratan perbuatan melawan hukum Pasal 351 KUHP. Semisal ada kejadian senggolan termasuk kecelakaan lalu lintas.

Sebaiknya lapor ke kantor Polisi terdekat (Satlantas) untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Persoalan bisa di selesaikan sesuai mekanisme hukum yang berlaku. Bisa dengan restorative justice atau mekanisme penyidikan dalam kasus kecelakaan.

Namun jika perkara tersebut dibarengi oleh pemukulan oleh korban (kendaraan yang disenggol), maka perkaranya berubah menjadi perkara pidana yakni penganiayaan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa