Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efek Copot Thermostat Supaya Mesin Adem, ECU Malah Salah Sangka

Ferdian - Selasa, 9 Mei 2023 | 20:00 WIB
Ilustrasi thermostat
Ryan Fasha/GridOto.com
Ilustrasi thermostat

Otomotifnet.com - Masih sering jadi omongan kalau melepas thermostat jadi solusi mesin mobil terhindar dari overheat.

Karena risiko bila thermostat sampai rusak akan lebih besar daripada fungsinya pada mobil.

Langkah tersebut diketahui banyak dilakukan oleh montir-montir bengkel umum untuk mengantisipasi terjadinya panas berlebih pada mesin mobil tua akibat termostat yang macet.

Mereka menganggap penggunaan thermostat kurang begitu dibutuhkan mengingat fungsinya yang lebih cocok dipakai di negara yang ada musim dinginnya.

Sedangkan di Indonesia, tanpa thermostat pun suhu kerja ideal dapur pacu akan mudah tercapai. Malah bisa bikin ECU salah sangka.

Pemilik Bengkel AC Mobil Rahmat mengatakan melepas thermostat justru membuat suhu kerja ideal mesin gagal tercapai, sehingga sistem pada mobil injeksi akan menyuplai BBM lebih banyak.

"Konsumsi bahan bakar jauh lebih boros karena ECU akan membaca suhu mesin masih tetap dingin sehingga akan menambahkan semprotan bahan bakar ke ruang bakar, putaran mesin juga cenderung lebih tinggi saat stasioner" ucap Rahmat (9/5/2023).

thermostat
thermostat

Foreman Nissan Bogor Fandi Ahmad mengatakan sebaiknya thermostat tetap dipasang sebagaimana mestinya, karena bagaimanapun komponen tersebut memiliki peran yang cukup penting.

“Thermostat yang dilepas akan membuat tarikan mesin menjadi kurang responsif, hal itu bisa terjadi lantaran suhu kerja mesin cenderung lebih rendah dari biasanya, akhirnya campuran BBM dan udara juga tidak ideal, tarikan menjadi lebih lemot,” ucap Fandi (9/5/2023).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa