Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Resmi Pasok Mesin Untuk Aston Martin di Balapan F1 2026

Rendy Surya - Kamis, 25 Mei 2023 | 12:15 WIB
Kerjasama Aston Martin dan Honda untuk tim balap F1 2026
Honda
Kerjasama Aston Martin dan Honda untuk tim balap F1 2026

Otomotifnet.com - Honda dalam rilis resminya (25/5) mengumumkan kemitraan serta dukungan teknis dengan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team untuk musim balap Formula 1 (F1) tahun 2026.

Hal ini sejalan dengan tujuan dari Honda dan juga olahraga balap Formula 1 dimana kedua belah pihak berkomitmen hendak mencapai netralitas karbon pada tahun 2030 mendatang.

Pada tahun 2026, F1 akan mengimplementasikan regulasi teknis baru dimana mesin dan motor elektrik masing-masing menghasilkan rasio daya maksimum sebesar 50/50.

Peran dari komponen Energy Recovery System (ERS) semakin penting dimana komponen ini menghasilkan tenaga tambahan untuk daya pada mesin. Selain itu juga penggunaan bahan bakar terbarukan akan mulai diberlakukan.

Aston Martin gandeng Honda untuk tim balap F1 di musim 2026
Honda
Aston Martin gandeng Honda untuk tim balap F1 di musim 2026

Toshihiro Mibe, President & CEO Honda Motor Co., Ltd mengatakan, “Salah satu alasan utama keputusan kami untuk mengambil tantangan baru mengenai kelanjutan kami di ajang balap F1 adalah sejalan dengan tujuan Honda dimana ajang balap F1 juga sedang menuju netralitas karbon, dan itu akan menjadi platform yang akan memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi kami."

Dijelaskan lagi, Honda merupakan perusahaan yang memiliki sejarah pertumbuhan dengan menghadapi tantangan untuk memenangkan balapan kelas dunia.

Dengan peraturan baru di tahun 2026, "Kami akan berusaha membangun perangkat mesin dan motor listrik yang ringkas, ringan, dan berdaya tinggi dengan baterai berkinerja tinggi yang mampu menangani output daya yang tinggi dan cepat, serta teknologi manajemen energi," jelas Mibe.

Honda percaya bahwa teknologi dan pengetahuan yang diperoleh dari tantangan baru ini berpotensi diterapkan langsung ke kendaraan listrik produksi massal-nya di masa depan, seperti model sport listrik, dan teknologi elektrifikasi di berbagai bidang, termasuk eVTOL yang saat ini sedang dalam penelitian dan perkembangan.

"Honda dan mitra baru kami, Aston Martin F1 Team, memiliki sikap serta tekad yang sama untuk meraih kemenangan, jadi mulai musim 2026, kami akan bekerja sama dan berjuang bersama-sama untuk meraih gelar juara sebagai Aston Martin Aramco Honda," tegas Mibe lagi. 

Lawrence Stroll, Executive Chairman Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team mengatakan, “Saya sangat menyambut baik Honda dan juga HRC bergabung bersama kami. Melalui kemitraan ini, kami akan saling berbagi dorongan, tekad serta ambisi tanpa henti untuk berhasil di jalur yang benar."

Koji Watanabe, President of Honda Racing Corporation (HRC) menambahkan, “Di tengah perubahan besar dalam bisnis kami dan juga lingkungan olahraga motorsport menuju transisi netralitas karbon, kami telah membangun kembali HRC sebagai platform optimal untuk mempertahankan dan mengembangkan aktivitas olahraga motorsport sebagai kekuatan Honda.”

Martin Whitmarsh, Group CEO of Aston Martin Performance Technologies mengatakan, “Regulasi unit daya F1 2026 yang baru sangat besar dimana saya yakin perubahan tersebut dapat kami jalani dengan kesuksesan bersama. Kami juga berharap dengan kemitraaan strategis kami dapat membuka kolaborasi menuju tujuan bersama."

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa