Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Makin Macet, Sistem Satu Arah Masuk Keluar Jakarta Disebut-Sebut

Ferdian - Minggu, 28 Mei 2023 | 19:44 WIB
Kemacetan Jakarta saat jam sibuk
Tribunnews.com
Kemacetan Jakarta saat jam sibuk

Otomotifnet.com - Lalu lintas di Jakarta dan kota-kota besar lainnya makin macet dan semrawut pasca mudik dan balik Lebaran 2023.

Indonesia Traffic Watch (ITW) mengingatkan kalau kondisi tersebut semakin mengganggu aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Presidium ITW Edison Siahaan.

Menurutnya, kesemrawutan dan kemacetan serta perilaku pengguna jalan dan petugas memicu stress dan kecemasan masyarakat.

"Bila tidak segera diantisipasi, potensi menimbulkan kerugian yang lebih luas dan memicu konflik sekaligus ancaman terhadap Kamtibmas," kata Edison melalui keterangan persnya (28/5/2023).

ITW mendesak Pemerintah dan Polri segera melakukan upaya dengan langkah dan tindakan yang efektif serta benar-benar menyentuh langsung substansi permasalahan.

"Tidak lagi hanya upaya pembatasan gerak kendaraan dan larangan serta sanksi denda semata. Sebab pembatasan gerak kendaraan hanya salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di hilir"

"Padahal pemicunya di hulu yaitu populasi kendaraan yang tidak terkendali, sehingga ruas dan panjang jalan yang tersedia tidak mampu menampungnya," tegasnya.

"Begitu juga upaya penindakan yang merupakan salah satu tindakan terhadap permasalahan yang terjadi di hilir"

"Karena, sumber masalah di hulu yaitu masih rendahnya kasadaran tertib berlalu lintas masyarakat maupun petugas, sehingga terjadinya pelanggaran," sambungnya.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa