Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gejala Busi Motor Mulai Rusak, Nomer Tiga Bikin Kantong Bolong

Panji Nugraha - Kamis, 22 Juni 2023 | 21:45 WIB
Ilustrasi pengecekan busi rusak
DAM
Ilustrasi pengecekan busi rusak

Otomotifnet.com - Busi adalah sebuah komponen penting dalam sistem pembakaran mesin kendaraan bermotor yang menggunakan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine), seperti sepeda motor.

Busi menghasilkan percikan listrik untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin.

Dengan fungsinya ini, busi menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah mesin pembakaran dalam yang menggunakan bahan bakar bensin.

Karena mesin motor tanpa busi, tidak akan dapat dihidupkan. 

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, “Busi berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil pengapian (ignition coil) menjadi percikan api untuk membakar campuran udara dan dan bensin di ruang bakar.”

“Seperti seluruh komponen motor lainnya, busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal,"

"Jika busi dibiarkan dalam kondisi buruk, kinerjanya tidak akan sempurna sehingga mengganggu performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi bahan bakar,” ujar Ade Rohman.

Berikut adalah ciri-ciri untuk mengidentifikasi busi yang sudah dalam kondisi buruk pada sepeda motor : 

Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda pertama busi sudah tidak baik adalah mesin sepeda motor sulit dihidupkan, baik menggunakan elektrik starter atau di engkol.  

Pada umumnya, penyebab utama terjadinya hal tersebut karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin. 

Artinya, itu tanda bahwa busi harus segera diganti. 

Performa Mesin Menurun

Kondisi busi yang aus dapat mempengaruhi performa mesin sepeda motor secara keseluruhan seperti penurunan tenaga atau sulit berakselerasi dengan cepat.  

Selain itu, mesin juga mungkin terasa lebih lemah saat menanjak atau saat berakselerasi di kecepatan tinggi. 

Hal ini terjadi karena terdapat perubahan jarak antara elektroda dan massa (ground) pada busi. 

Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Konsumsi bahan bakar meningkat tanpa alasan yang jelas, adalah salah satu indikasi bahwa busi sudah tidak layak digunakan.

Ketika busi mengalami keausan dan menghasilkan kondisi misfire, membuat proses pembakaran tidak sempurna.

Banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia saat kondisi tersebut terjadi, pada akhirnya akan menyebabkan endapan kotoran terbentuk pada ujung insulator busi atau elektroda. 

Suara Mesin Tidak Normal

Penting untuk memperhatikan suara mesin sepeda motor saat dihidupkan.

Pada sepeda motor yang memiliki silinder lebih dari satu, jika suara mesin terdengar tidak halus atau kasar dan muncul muncul getaran yang tidak biasa, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada busi motor.

Sebagai acuan untuk membantu menentukan kapan harus mengganti busi adalah dapat mengambil patokan km yaitu Ketika kendaraan dari 0 km mencapai 8.000 km atau 8 bulan (Kelipatan 8.000 periodik penggantian busi).

Alasannya, busi yang rusak bisa berpengaruh terhadap fungsi silinder motor.

Keadaan ini sering disebut sebagai mesin pincang dan sebaiknya segera membawa motor ke bengkel untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut. 

Artikel ini dibuat dengan bantuan AI

Baca Juga: Kenapa Bersihkan Busi Mobil Bekas Gak Boleh Pakai Ampelas, Nih Alasannya

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa