Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Bikin Bus di Karoseri Laksana, Sentuh Angka Miliaran, Belum Termasuk Sasis dan Mesin

Panji Nugraha - Jumat, 7 Juli 2023 | 17:00 WIB
Line up bus hasil karoseri Laksana
Panji Nugraha/Otomotifnet
Line up bus hasil karoseri Laksana

Otomotifnet.com - Banyak jadi tanya, kira-kira butuh biaya berapa untuk merakit satu unit bus hasil karoseri Laksana?

Sebagai informasi, CV Laksana adalah perusahaan karoseri bus yang sudah berdiri selama 46 tahun dan memiliki pabrik karoseri di Ungaran, Jawa Tengah.

Banyak model karoseri bus yang dibuat oleh Laksana, mulai standard, excecitive hingga double decker sesuai dengan orderan konsumen.

Jenis karoseri yang disuguhkan CV Laksana bermacam macam, seperti SR3 Panorama HD, SR3 Panorama XHD, SR3 HD Prime, SR3 XHD Prime, SR2, Double Decker, SR3 Suites Class, SR3 Suites Combie, Discovery, Tourista 2100, Tourista 2300, Cityline3 LE, Cityline3 HD hingga NUCLEUS.

Untuk merakit satu unit bus, CV Laksana enggak sembarangan, mereka menerapkan 5 uji keamanan konstruksi berstandar Eropa yang dimulai sejak tahun 2018.

Secara ringkas, uji keamanan bus ini mulai dari Rollover, Stability Test, Seat and Anchor, Front Underrun Protection Device hingga yang terbaru adalah uji tabrak depan (Frontal Impact Test).

Dengan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan karoseri Laksana ini, kira-kira berapa biaya yang diperlukan untuk membuat satu unit bus?

"Untuk karoseri bus yang model 12 meter (Tourista) itu harganya sekitar Rp 650 jutaan, sedangkan untuk bus excecutive bisa mulai dari Rp 650 hingga Rp 800 jutaan untuk yang full optional, kalau model double decker bisa Rp 1,5 miliar," papar Alvin Arman, Commercial Director CV Laksana (6/7/2023) saat ditemui oleh Otomotifnet.com.

Oh iya.. harga segitu belum termasuk dengan rangka dan mesin ya! Ini harga hanya karoserinya saja.  

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa