Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efektivitas Lampu Merah Pintar Berbasis AI di Jakarta, Pakar Sebut Perlu Evaluasi

Rendy Surya - Minggu, 9 Juli 2023 | 22:20 WIB
Ilustrasi kemacetan di salah satu persimpangan di Jakarta
Istimewa
Ilustrasi kemacetan di salah satu persimpangan di Jakarta

Otomotifnet.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mengurangi kemacetan dengan menambah penerapan Sistem Transportasi Cerdas (Intelligent Transport System) pada 40 simpang di Jakarta.

Sudah ada 20 titik lokasi yang sudah menggunakan sistem ini antara lain Jalan Jembatan 2 Raya-Jalan Tubagus Angke, Jalan Kyai Tapa-Jalan Daan Mogot (Grogol), dan Jalan S Parman-Jalan Tomang Raya.

Sistem Transportasi Cerdas dengan penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) ini akan melakukan pengaturan waktu di lampu lalu lintas berdasarkan informasi basis data internal Google dan memperkuat fungsi sistem manajemen lalu lintas.

Ilustrasi sistem pengaturan lalu lintas (ATCS)
Istimewa
Ilustrasi sistem pengaturan lalu lintas (ATCS)

Sistem ini mampu menghitung secara aktual volume lalu lintas di simpang sehingga dapat diketahui perbandingan antara kepadatan jalan dengan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

Mengingat kompleksitas sistem tersebut, muncul permintaan untuk melakukan evaluasi terhadap penerapan Sistem Transpotasi Cerdas di lampu lalu lintas berbasis AI ini dari para anggota DPRD DKI Jakarta.

Hal ini agar masyarakat memperoleh pengetahuan yang lebih jelas mengenai pelaksanaan dan dampak dari penerapan sistem ini, apakah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam hal ini bisa mengurangi kemacetan dan layak diterapkan di semua simpang di DKI Jakarta.

Ilustrasi kemacetan di Jakarta
Istimewa
Ilustrasi kemacetan di Jakarta

Jangan sampai penerapan sistem tersebut tidak teruji dengan kondisi lalu lintas riil yang ada di DKI Jakarta dan akhirnya menimbulkan masalah baru melihat anggaran untuk penerapan teknologi ini di 20 simpang sebesar Rp 78 miliar dan rencana penambahan untuk 40 simpang sebesar Rp 130 miliar.

Para pakar transportasi pun mendukung permintaan evaluasi ini.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa