Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lumayan, Selama Beberapa Minggu Mondar-mandir di Tol Cisumdawu Gak Mikir Saldo E-Toll

Irsyaad W - Rabu, 12 Juli 2023 | 09:30 WIB
New Baleno melintas di Cisumdawu Twin Tunnel menuju kota Cirebon
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
New Baleno melintas di Cisumdawu Twin Tunnel menuju kota Cirebon

Otomotifnet.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 (Cimalaka-Ujung Jaya) diresmikan Presiden Joko Widodo, (11/7/23).

Setelah peresmian, untuk beberapa minggu ke depan mondar-mandir di tol Cisumdawu gak mikir saldo e-toll.

Cukup lumayan buat mangkas biaya pengeluaran jika ingin menuju Cirebon secara cepat.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 18,3 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 akan dioperasikan tanpa tarif hingga dua atau tiga pekan ke depan.

"Dua-tiga minggu uji coba gratis, tapi tergantung Standar Pelayanan Minimal (SPM)-nya, saya minta ini dicek dulu," ucap Basuki, seperti dikutip dari siaran langsung Youtube Tribun Jawa Barat.

Nantinya, tarif Tol Cisumdawu adalah Rp 1.275 per kilometer.

Tarif ini jauh lebih murah karena mendapatkan dukungan Pemerintah sebesar 50 persen atau Rp 9,07 triliun dari total dana pembangunan.

Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.
Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Tol Cisumdawu terletak di Jawa Barat dan sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu, Majalengka, Kuningan dan Kawasan Rebana.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa