Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Netizen Heboh, Tarif Parkir di Yogyakarta Bisa Naik 5 Kali Lipat, Dishub Kasih Paham

Ferdian - Senin, 17 Juli 2023 | 14:30 WIB
Ramai soal tarif parkir di Yogyakarta yang bisa dinaikkan hingga 5 kali lipat dari tarif dasar pemerintah.
(Facebook)
Ramai soal tarif parkir di Yogyakarta yang bisa dinaikkan hingga 5 kali lipat dari tarif dasar pemerintah.

Otomotifnet.com - Sedang viral unggahan warganet yang menanyakan tarif parkir di Yogyakarta bisa mencapai 5 kali lipat tarif dasar.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun Facebook pada Sabtu (15/7/2023).

"Parkir timur taman pintar dan selatan toko remujung. Tarif parkir Resmi nya kawasan 1 motor 2rb mobil 5rb. Tp ditarik 10rb. Dan karcisnya sepertinya bukan karcis resmi," tulis pengunggah.

Sementara itu, melalui kolom komentar, akun resmi pemerintah kota Yogyakarta mengatakan bahwa tempat parkir di Toko Remujung adalah tempat parkir swasta.

Dalam komentar juga disebutkan, sesuai dengan peraturan, parkir swasta bisa menaikkan tarif maksimal 5 kali lipat dari tarif resmi pemerintah.

Hingga Minggu (16/7/2023) siang, unggahan tersebut disukai sebanyak 1.281 dan mendapatkan lebih dari 1.450 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah tarif tempat parkir swasta di Yogyakarta bisa dinaikkan hingga 5 kali lipat dari tarif dasarnya?

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz membenarkan kalau tarif tempat parkir swasta di Yogyakarta bisa dinaikkan sampai 5 kali lipat dari tarif dasar yang telah ditentukan.

Aziz menyampaikan, hal tersebut sesuai dengan Peraturan daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir (TKP).

"Sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir (TKP), untuk TKP milik swasta tarif dasar dapat maksimal 5 (lima) kali lipat dari tarif dasar TKP milik pemerintah," ujarnya (15/7/2023).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa