Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Langkah-Langkah Mobil Mendadak Mogok di Tengah Rel, Ini Dicopot Pertama

Ferdian - Rabu, 19 Juli 2023 | 21:55 WIB
Banyak sebab kenapa kendaraan tiba-tiba berhenti di atas perlintasan kereta api. Jika kendaraan Anda berhenti sementara kereta api sudah dekat, baiknya Anda langsung turun dari kendaraan.
Kompas.com/Muchamad Dafi Yusuf
Banyak sebab kenapa kendaraan tiba-tiba berhenti di atas perlintasan kereta api. Jika kendaraan Anda berhenti sementara kereta api sudah dekat, baiknya Anda langsung turun dari kendaraan.

Otomotifnet.com - Kereta Api tabrak truk sampai meledak terjadi di Semarang, Jawa Tengah (18/7/2023).

Berdasarkan keterangan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar, peristiwa bermula saat truk yang hendak melintasi perlintasan kereta api tiba-tiba menyangkut dan mogok di tengah rel.

"Penyebab truk mogok belum diketahui, selepas itu sopir dan kernet truk meminta bantuan kepada petugas palang pintu kereta," ujarnya (19/7/2023).

Ia menambahkan, mogoknya truk tersebut tidak terjadi saat kendaraan mau menerobos rel.

"Truk tidak menerobos tapi mogok, palang pintu belum tertutup," katanya.

Berkaca dari kecelakaan tersebut, apa sih yang harus dilakukan pengendara jika kendaraannya tersangkut atau mogok di tengah rel kereta api?

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan tidak panik.

"Berikutnya copot safety belt dan evakuasi penumpang secepat mungkin," ucap Sony saat dihubungi tim redaksi (19/7/2023).

Untuk kendaraan kecil, Sony menyebut pengemudi bisa meminta bantuan orang sekitar buat mendorong keluar dari perlintasan kereta api.

Namun, hal tersebut hanya boleh dilakukan kalau jarak kereta api masih jauh dan belum terlihat oleh mata.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa