Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Warga Lokal Belum Tentu Tahu, Ini Dia Tol Pertama di Sumatera

Harryt MR - Kamis, 31 Agustus 2023 | 20:45 WIB
Tol Belmera membentang sepanjang 42.7 Km, yang menjadi jalur utama pergerakan transportasi menuju kawasan industri dan wisata di wilayah Medan
Jasamarga
Tol Belmera membentang sepanjang 42.7 Km, yang menjadi jalur utama pergerakan transportasi menuju kawasan industri dan wisata di wilayah Medan

Otomotifnet.com - Warga lokal belum tentu tahu! Ini dia tol pertama di Sumatera.

Tol pertama di pulau Sumatera adalah Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, alias disingkat Tol Belmera.

Jalan tol Belmera membentang sepanjang 42.7 Km, yang menjadi jalur utama bagi pergerakan transportasi menuju kawasan industri dan wisata di wilayah Medan.

Sebagai jalan tol pertama, tol Belmera mulai dioperasikan secara penuh sejak tahun 1986.

Saat ini tol pertama di Sumatera dikelola oleh Representative Office 1, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT).

Seiring perkembangan ekonomi di Sumatera Utara, Tol Belmera juga menjadi akses penghubung wilayah Pelabuhan Belawan ke Medan hingga Tanjung Morawa.

Lalu jadi akses pengembangan titik baru wilayah industri properti dan wisata di Sumatera Utara, serta menjadi jalur distribusi angkutan logistik dari dan menuju wilayah Sumut.

Selain itu, keberadaan Tol Belmera juga meningkatkan perkembangan industri pariwisata di wilayah Medan.

Contohnya objek wisata Cemara Asri yang dapat ditempuh lebih cepat melalui Gerbang Tol (GT) H. Anif, dan obyek wisata Waterland Tamora yang dijangkau melalui GT Tanjung Morawa.

Ruas Tol Belmera memiliki 12 gerbang tol yaitu GT Tanjung Morawa, GT Tanjung Mulia, GT Belawan, GT Bandar Selamat 1 & 4,  GT H. Anif 1 & 2, GT Mabar 1 & 2, dan GT Amplas.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa