Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Arti Jet Cooled di Motor Suzuki 2-Tak, Motor Matik Zaman Now Juga Pakai

Ferdian - Minggu, 3 September 2023 | 18:45 WIB
Teknologi Jet Cooled pada motor bebek Suzuki Satria 120 2-tak
Farhan
Teknologi Jet Cooled pada motor bebek Suzuki Satria 120 2-tak

Otomotifnet.com - Pengguna motor 2-tak keluaran Suzuki pasti tidak asing lagi dengan istilah Jet Cooled.

Namun banyak yang masih belum paham istilah Jet Cooled.

Tulisan Jet Cooled pada motor Suzuki bisa dilihat pada beberapa produknya seperti RC80, Bravo, Crystal, Tornado, hingga Satria 120.

Bukan teknologi atau fitur yang bikin mesin jadi kencang, istilah tersebut diberikan buat sistem pendinginan mesin yang dimiliki.

“Terinsipirasi dari mesin jet, terdapat kipas pendingin yang terhubung dengan semacam ruangan di sekeliling blok silinder mesin motor,” terang Indrawan, kepala mekanik Suzuki SMG Sunter, Jakarta Utara.

Terhubung dengan putaran kruk as, putaran kipas pendingin ini otomatis aktif pada saat mesin bekerja untuk menghisap udara dingin dari luar.

Suzuki RC100 Jet Cooled
rosaemente.com
Suzuki RC100 Jet Cooled

Pada motor Suzuki 2-tak, posisi kipas pendingin ini ada di sebelah kiri mesin, tepatnya ada di balik cover yang bertuliskan Jet Cooled.

Sebetulnya teknologi serupa juga bisa ditemui di motor lain seperti Vespa 2-tak, motor bebek Yamaha 2-tak bahkan juga diterapkan di motor matik zaman now.

“Selain itu, terdapat sistem jet needle dari crankcase yang mengarah ke bagian bawah piston, sehingga suhu mesin terjaga dan tetap terlumasi dengan baik meskipun sedang dipacu di rpm tinggi,” lengkapnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa