Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Keterlaluan, Sespri Johnny G Plate Pakai Aplikasi SIGNAL Buat Urus Korupsi Menara BTS

Irsyaad W - Rabu, 20 September 2023 | 11:30 WIB
Aplikasi Signal
dok.Tribunnews
Aplikasi Signal

Otomotifnet.com - Korupsi Menara BTS 4G yang menyeret mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate cukup mencengangkan.

Karena aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) dipakai komunikasi untuk urus duit korupsi tersebut.

Fakta ini diungkap Kabag Tata Usaha dan Protokol Kemenkominfo, Happy Endah Palupy.

Happy mengakui menggunakan aplikasi 'SIGNAL' untuk berkomunikasi dengan perantara Direktur Utama (Dirut) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Achmad Latif.

Komunikasi itu dilakukan untuk pengambilan uang Rp 500 juta atas usulan Johnny G Plate sebagai insentif atau tambahan gaji bagi Happy dan juru bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi.

Hal itu terungkap saat Happy yang juga Sekretaris Pribadi (sespri) eks Menkominfo Johnny G Plate dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) sebagai saksi dalam sidang dugaan korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G.

Happy menjadi saksi untuk terdakwa Johnny G Plate, Anang Achmad Latif dan eks Tenaga Ahli Human Development (Hudev) Universitas Indonesia (UI) Yohan Suryanto.

Suasana sidang dugaan korupsi proyek penyediaan menara BTS 4G di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Kompas.com/Irfan Kamil
Suasana sidang dugaan korupsi proyek penyediaan menara BTS 4G di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Kepada majelis hakim, Happy mengaku diminta menemui seseorang perantara Anang Achmad Latif di sebuah kedai kopi di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Namun, Sespri Johnny G Plate ini menugaskan bawahannya bernama Yunita untuk pertemuan itu.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa