Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Emisi Gas Buang Sonic 150R 2017 Yang BBM-nya Pakai Pertalite, Lolos Gak?

Andhika Arthawijaya - Kamis, 21 September 2023 | 23:05 WIB
Honda Sonic 150R keluaran 2017 saat akan diukur emisi gas buangnya di Planet Ban
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Honda Sonic 150R keluaran 2017 saat akan diukur emisi gas buangnya di Planet Ban

Otomotifnet.com – Rabu (20/9/2023) kemarin Planet Ban menggelar diskusi terbatas mengenai ajakan untuk pengendara motor untuk turunkan polusi udara.

Acara berlangsung di kantor pusat Planet Ban di Jl. H. Dimun Raya, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Usai acara diskusi, beberapa awak media yang hadir diajak untuk menguji emisi gas buang motornya, termasuk Otomotifnet.com yang saat itu mengendarai Honda Sonic 150R keluaran 2017, yang artinya pemakaian sudah 6 tahun.

Oiya, dalam acara disukusi tersebut pihak Planet Ban menginformasikan bahwa perawatan motor, khususnya di sektor mesin, sangat mempengaruhi emisi gas buang.

Baca Juga: Mau Uji Emisi Motor Gratis? Datang Ke Empat Cabang Planet Ban Berikut 

Dari hasil riset internal mereka, dengan melakukan servis berkala, ditambah menerapkan beberapa treatment pembersihan pada saluran bahan bakar serta ruang bakar, mampu menurunkan emisi gas buang dengan cukup signifikan.

Menurut Chief Innovation Officer Planet Ban, Wisnu Satriya, metode servis tersebut diklaim bisa menurunkan kadar hidrokarbon (HC) hingga 67% dan karbon monoksida (CO) sebanyak 73%, serta menghemat BBM sampai 16%.

Paket servis yang dinamakan “RasMesinBaru” tersebut bisa sobat dapatkan di setiap workshop Planet Ban, hanya dengan biaya sebesar Rp 70 ribu saja, diluar penggantian oli mesin.

Lantas bagaimana dengan motor yang diservis sendiri di rumah yang hanya ganti oli, filter udara dan busi saja, apakah emisi gas buang buangnya bisa lolos?

Itu pun oli mesinnya diganti setiap 3.000 – 4.000 km atau sekitar 3 bulan sekali.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa