Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awalnya Pakai Tali Pengait Dan Masuk Kapal, Kini Ekspor Toyota Tembus 2,5 Juta Unit

Iday - Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:00 WIB
Ekspor Toyota Indonesia sudah tembus 2,5 juta sejak 1987 sampai 2023
TMMIN
Ekspor Toyota Indonesia sudah tembus 2,5 juta sejak 1987 sampai 2023

 

Otomotifnet.com - Berjalan puluhan tahun Toyota Indonesia sudah mengekspor 2,5 juta unit (2.520.754 unit) mobil ke hampir 100 negara di dunia. 

Disampaikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), ekspor ini sudah berlangsung sejak 1987. 

Kegiatan ekspor perdana Toyota Indonesia dimulai dengan produk Kijang generasi ketiga. Dikirim secara tradisional menggunakan tali pengait dan dikapalkan ke Brunei Darusalam serta beberapa negara di kawasan Asia Pasifik. 

Beberapa tahun kemudian, kinerja espor kendaraan T-brand berkembang dengan menambah beberapa lini model. 

Hingga di tahun 2017, pencapaian ekspor kendaraan Toyota Indonesia mencapai 200 ribu unit, tertinggi sejak 5 tahun terakhir.

Selain melakukan ekspor kendaraan secara utuh, Toyota Indonesia juga melakukan ekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD), ekspor mesin, komponen dan alat pendukung produksi (dies & jigs).

Selain itu, sejak tahun 2019 kendaraan konversi seperti cash carrier, well-cab, dan patrol car juga diekspor oleh Toyota Indonesia ke mancanegara.

Pada tahun 2022, Toyota Indonesia menjadi negara pertama yang membuka keran ekspor ke Australia, sekaligus menandai pencapaian dua juta unit ekspor Toyota Indonesia.

Tahun 2022, Toyota Indonesia memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian ICE dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.

Sebagai ekspor produk otomotif berteknologi tinggi, Kijang Innova Zenix memperoleh respon positif dari konsumen global dan berhasil diekspor hingga ke Kawasan Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa