Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival Akan Digelar di Mandalika

Panji Nugraha - Jumat, 20 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival jadi balapan ketahanan satu-satunya yang diselenggarakan di sirkuit Mandalika 2023
Yamaha
Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival jadi balapan ketahanan satu-satunya yang diselenggarakan di sirkuit Mandalika 2023

Otomotifnet.com - Untuk pertama kalinya Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 akan diselenggarakan di sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (21-22/10/2023).

Sebelumnya, Yamaha Endurance Festival telah sukses 4 kali digelar di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Di tahun ke-5 event ini digelar, Yamaha Endurance Festival menjadi satu-satunya balapan ketahanan di Indonesia yang konsisten digelar oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menggunakan sirkuit yang sama yang biasa digunakan balapan MotoGP dan WSBK, Yamaha Endurance mengadopsi start ala Le Mans Style di sirkuit yang panjang totalnya 4,3 km itu.

Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival, merupakan sejarah pertama kalinya balapan ketahanan diadakan di sirkuit Mandalika," ujar Frengky Rusli, Assistant General Manager CS Division PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dalam balap ketahanan 2 jam ini ada beberapa kelas yang dilombakan, mulai kelas R6 Community, kemudian R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media dan kelas baru R1 Community.

Berbeda dengan kelas Yamaha YZF-R25 dan Yamaha YZF-R15 yang balapan 2 jam, untuk kelas Yamaha R1 hanya menempuh waktu 1 jama saja.

Tak hanya diikuti oleh tim dari komunitas, hadir juga tim profesional seperti Yamaha RSS Cargloss IRC, Yamaha BAF Akai Jaya, Yamaha Ziear ARL The Strokes55, Yamaha HDS Racing dan lain-lain. Bahkan ada tim yang menurunkan 2 pasangan pembalap.

Yamaha Endurance Festival ada beberapa kelas yang dilombakan, mulai kelas R6 Community, kemudian R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media dan kelas baru R1 Community.
Yamaha
Yamaha Endurance Festival ada beberapa kelas yang dilombakan, mulai kelas R6 Community, kemudian R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media dan kelas baru R1 Community.

Pembalap nasional juga banyak yang melatih fisik di balapan ketahanan kali ini, mulai dari Galang Hendra Pratama, Aldi Satya Mahendra, Rey Ratukore, Eric Saputra, Wahyu Nugroho, Anggi Setiawan, Joshua Mbeo, Felix PM dan lain-lain.

Dari komunitas yang ikutan diantaranya adalah YROI, YARRCI, ROCK, Cornering Indonesia, dan juga komunitas lain yang dinaungi oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia).

Dalam balapan ketahanan 2 jam ini, pembalap akan diperas stamina fisik, timing filling dan startegi rider change selama balapan, bahkan crew harus bisa menghitung kapan melakukan pit in dalam range waktu 1 menit 30 detik.

Acara pendukung Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 Mandalika juga ada, mulai Yamaha product booth, sponsor product booth, Yamaha apparel & merchandise, sales program dan discount service, modification contest, senam sehat, community touring dan paddock tour.

SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 Mandalika terselenggara berkat dukungan berbagai sponsor yaitu SHELL, Yamalube, KYB, Motobatt, IRC Tire, YES24 dan Service Kunjung Yamaha (SKY).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa