Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Platform Garapan Dassault Systemes Digunakan Membuat Motor Listrik Electrum

Rendy Surya - Kamis, 26 Oktober 2023 | 20:00 WIB
Merek motor listrik Electrum gunakan platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systeme untuk rancang bangun produknya
Rendy/Otomotifnet
Merek motor listrik Electrum gunakan platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systeme untuk rancang bangun produknya

Otomotifnet.com –  Perusahaan software desain produk 3D asal Prancis, Dassault Systemes, hari ini (26/10/2023), mengumumkan  Electrum, startup kendaraan listrik asal Indonesia sebagai pelanggan pertamanya. 

Electrum memilih platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systèmes untuk mempercepat desain dan produksi seri pertama sepeda motor listrik Electrum.

Sebagai informasi, Dassault Systèmes memlliki platform 3DXPERIENCE, sebuah platform teknologi kolaboratif bagi Electrum yang bisa mendukung proses komprehensif dari rekayasa sistem hingga rekayasa mekanis dan bentuk, sehingga mempercepat waktu pengembangan dan produksi.

Hal ini dilakukan dengan meningkatkan komunikasi, kolaborasi dan kontinuitas data dari setiap tahap rantai nilai.

Platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systeme berguna untuk desain dan rancang bangun kendaraan, termasuk motor listrik
Dassault Systeme
Platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systeme berguna untuk desain dan rancang bangun kendaraan, termasuk motor listrik

“Saat ini, pemain baru di bidang mobilitas harus memikirkan kembali cara mereka melakukan pendekatan terhadap desain dan rekayasa untuk kendaraan listrik roda dua. Ada banyak pertimbangan bagi startup seperti Electrum, mulai dari bentuk baterai hingga intake udara untuk sistem pendinginan,” terang Josephine Ong, Managing Director, AP SOUTH, Dassault Systemes.

Josephine Ong juga menambahkan, “Melalui platform 3DEXPERIENCE kami dan desain kembaran dalam bentuk virtual (virtual twin), Electrum dapat mensimulasikan berbagai skenario di dunia virtual, seperti durabilitas dan kualitas baterai, sebelum implementasi ke dunia nyata.”

“Plaform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes memberikan sebuah solusi komprehensif yang mutakhir bagi Electrum sehingga tim kami dapat berinovasi dan melakukan iterasi secara cepat dan efisien,” terang Patrick Adhiatmadja, Managing Director Electrum.

Electrum sendiri merupakan merek baru sepeda motor listrik yang dibuat oleh PT Energi Kreasi Bersama.

Saat ini Electrum tengah mengembangkan kemampuannya dalam R&D dan rekayasa, dan berharap dapat merampungkan fasilitas manufakturnya pada tahun 2024 mendatang.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa