Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Bawa Motor Kopling Manual di Tanjakan, Lakukan Trik Ini Biar Mulus

Panji Nugraha - Senin, 6 November 2023 | 20:30 WIB
Ilustrasi bawa motor kopling Honda CB150X saat di tanjakan
DAM
Ilustrasi bawa motor kopling Honda CB150X saat di tanjakan

Otomotifnet.com - Riding menggunakan sepeda motor, enggak melulu ketemu jalan yang rata, bisa ketemu jalan menurun atau bahkan menanjak.

Tentu bikers wajib bisa menguasai berbagai macam kondisi medan saat menggunakan motor agar bisa aman.

Dalam kondisi apapun, bikers harus bisa mengendalikan motor dengan baik dan benar, salah satunya saat melewati tanjakan terutama saat menggunakan motor kopling.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap berkendara dengan aman dan nyaman di tanjakan.

Saat melalui tanjakan dengan kondisi jalan yang kosong, bisa menggunakan momentum atau awalan agar kecepatan motor bisa melesat dengan mudah dengan memperhatikan posisi gigi.

Bila kondisi jalan yang ramai atau macet, pastikan tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi gigi atau transmisi yang masuk agar terhindar dari kampas kopling hangus.

Saat akan melakukan stop and go, gunakan posisi gigi rendah untuk memperkuat torsi atau tenaga motor untuk melewati tanjakan tersebut.

“Dalam keadaan menanjak, sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi, penggunaan kopling yang terlalu sering atau menggunakan setengah kopling akan membuat part pada bagian kopling cepat habis atau aus," ujar Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma.

Perhatikan juga posisi jari tangan saat memegang stang dan juga tuas kopling.

“Selain itu juga hindari jari yang bersiap di tuas kopling, agar pengendalian stang motor juga lebih maksimal, cukup gunakan saja gas dan rem belakang. Dalam setiap tanjakan selalu pastikan kaki kanan bersiap di rem belakang, agar saat motor berhenti mendadak atau terjadi kemacetan, motor bisa berhenti dengan stabil dan tidak akan mundur lagi,” ujar Ludhy.

Dalam melewati berbagai macam jenis tanjakan yang paling penting adalah selalu menjaga postur berkendara yang aman dan nyaman.

Pastikan selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap agar mengurangi dampak negatif dari kecelakaan apabila terjatuh saat menggunakan sepeda motor. 

Pengendara juga harus selalu mengikuti peraturan rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan yang sedang dilewati agar selalu selamat sampai tujuan, jadikan keselamatan hal yang paling utama saat sedang berkendara menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: Banyak yang Enggak Tahu, Begini Cara Kerja Rem CBS Motor Matik Honda

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa