Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapkan 90 Bus dan 4 Truk, Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Mulai Hari Ini

Ferdian - Selasa, 5 Desember 2023 | 16:09 WIB
Ilustrasi program mudik gratis dengan bus
Ruditya/GridOto.com
Ilustrasi program mudik gratis dengan bus

Otomotifnet.com - Jelang mudik libur Nataru, Kemenhub sediakan 90 unit bus dan 4 truk.

Dalam program ini, 90 unit bus AKAP dan Pariwisata disiapkan dengan kuota total 3.600 penumpang.

Sementara itu untuk motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Angkutan Jalan, Suharto mengatakan, adanya program ini untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru yang akan berlangsung mulai 20 Desember 2023-2 Januari 2024.

"Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83 persen dari total populasi Nasional. Dari jumlah tersebut mayoritas akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Maka kami menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini," kata Suharto dalam pada keterangan resmi (4/12/2023).

Adapun untuk pendaftaran program Mudik Gratis ini dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023.

"Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan," kata Suharto.

Untuk memastikan kelayakan bus dan truk sebagai armada Mudik Gratis Nataru juga akan dilaksanakan ramp check pada 18-20 Desember 2023.

Keberangkatan motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember 2023 dari Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Lalu pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa