Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Bukan Matic Biasa, Yamaha NMAX dan XMAX Connected Buktikan Mampu Nanjak Puncak B29 Bromo!

Yussy Maulia - Kamis, 21 Desember 2023 | 13:45 WIB
Dimas Popo dan Aant dalam perjalanannya mengitari kawasan Puncak B29 Gunung Bromo.
Dok. YouTube Otomotif TV
Dimas Popo dan Aant dalam perjalanannya mengitari kawasan Puncak B29 Gunung Bromo.

Otomotifnet.com – Sebagai skuter matik (skutik) bongsor unggulan Yamaha, performa dan ketangguhan NMAX dan XMAX enggak perlu diragukan lagi, termasuk di kalangan bikers yang hobi touring.

Namun, berbicara tentang ketangguhan kendaraan rasanya belum afdal jika belum menjajalnya di medan yang ekstrem. Inilah yang dilakukan Dimas Pradopo (Dimas Popo) dan Antonius Yulianto (Aant) dari tim redaksi Otomotifnet beberapa waktu lalu.

Keduanya membawa Yamaha NMAX 155 dan XMAX 250 Connected berpetualang di kawasan wisata Gunung Bromo. Tak tanggung-tanggung, skutik itu dibawa menanjak puncak tertinggi di kawasan Gunung Bromo, yaitu Puncak B29.

Untuk diketahui, Puncak B29 memiliki ketinggian lebih dari 2.900 mdpl. Menurut pengamatan Dimas dan Aant, jalur menuju puncak hanya bisa dilalui oleh motor. Wisatawan yang datang menggunakan mobil atau bus biasanya berhenti di kaki puncak B29 dan meneruskan perjalanan menuju puncak dengan jasa ojek motor.

“Sejauh ini, enggak ada (yang pakai) motor matik. Adanya motor bebek atau motor sport. Ya, sesuai dengan kondisi jalannya, sih. Curam banget, baik tanjakan maupun turunannya,” cerita Dimas Popo dalam video blog (vlog) yang diunggah di akun YouTube Otomotif TV, Minggu (10/12/2023).

Baca Juga: Tarikan Yamaha NMAX Enak Buat Harian, Coba Jurus Tabib CVT Matik

Titik start keduanya dimulai dari Lava View Lodge Hotel, Kabupaten Probolinggo. Lalu, keduanya turun melewati Hutan Ireng-Ireng dan menuju Puncak B29 via Kabupaten Lumajang.

“Kanan kiri (dikelilingi) hutan dan jurang. Jalannya melingkar dan menanjak terus sampai ke puncak B29. Beruntung, jalan sepanjang Lumajang menuju puncak B29 sudah diaspal, sehingga tidak seekstrem jika jalanannya masih tanah,” kata Aant.

Jalur sepanjang Lumajang-Bromo dikelilingi hutan yang asri.
Dok. Youtube Otomotif TV
Jalur sepanjang Lumajang-Bromo dikelilingi hutan yang asri.

Meski rata-rata jalannya sudah diaspal, Dimas Popo dan Aant mengaku kondisi jalan di sepanjang rute yang mereka lalui cukup tricky untuk pengendara motor matik.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa