Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Fungsional Solo-Jogja Sudah Dibuka, Enggak Sembarang Kendaraan Boleh Lewat

Ferdian - Jumat, 22 Desember 2023 | 18:00 WIB
Jalan  Tol Solo-Yogyakarta dibuka secara fungsional mulai tanggal mulai hari ini (22 Desember 2023).
Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Solo-Yogyakarta dibuka secara fungsional mulai tanggal mulai hari ini (22 Desember 2023).

Otomotifnet.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) mulai Kartasura sampai Karanganom sepanjang 13 KM sudah dibuka hari ini (22/12/2023).

Hal ini disampaikan PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ).

Pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo-Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dikutip dari TribunBisnis, Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode.

Pada periode arus mudik yaitu pada 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

“Pada periode tersebut, kami akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura s.d Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.”

“Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 Km/Jam,” ujar Suchandra, dikutip dari laman resmi Jasa Marga.

Berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1444H lalu yang hanya dibuka dari Kartasura (Akses Gerbang Tol/GT Colomadu) s.d Jl Sawit sepanjang 6 KM, Suchandra menjelaskan pada periode Nataru 2023/2024 kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses GT Colomadu & on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 KM.

“Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten,” ungkap Suchandra.

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa