Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lengah Dikit Kandas, Tas Model Begini Favorit Copet di Dalam Bus AKAP

Ferdian - Sabtu, 30 Desember 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi bus AKAP
TribunJogja.com
Ilustrasi bus AKAP

Otomotifnet.com - Kasus copet atau maling di dalam bus antar kota antar provinsi (AKAP) lagi naik-naiknya belakangan ini.

Pola pencuriannya pun mirip-mirip, yakni mengincar tas model begini yang ada di dekat korban.

Nah, kebiasaan penumpang ini nih yang cukup mudah dibaca oleh pelaku pencurian.

Kebanyakan penumpang akan memisahkan benda-benda berharganya dengan bagasi utama lalu dimasukkan ke dalam tas yang berukuran kecil.

Dikutip dari Kompas.com, Founder & Lead Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu mengatakan tas kecil yang berada pada jangkauan penumpang justru menjadi incaran pencuri.

“Umumnya benda-benda berharga akan dibawa oleh penumpang tidak jauh dari jangkauan, seperti ponsel, dompet, laptop atau tablet dan sejenisnya, mereka dimasukan dalam tas ukuran 30 liter, backpack dan sejenisnya, tidak menjadi satu dalam bagasi,” ucap Jusri (29/12/2023).

Jusri mengatakan tas kecil ini bakal menjadi benda yang menarik perhatian bagi para pelaku pencurian.

Maka dari itu sebaiknya dihindari atau selalu diawasi jika memang terpaksa.

“Sebenarnya benda berharga seperti laptop atau sejenisnya perlu disamarkan keberadaanya bukan malah dispesifikkan dalam satu tempat, itu akan mempermudah maling menjalankan aksinya,” ucap Jusri.

Melihat tingkat keamanan pada transportasi umum, memang sebaiknya barang berharga tidak dibawa dalam perjalanan seperti ini menurut Jusri.

“Apalagi sampai menampakkan atau digunakan saat berada di dalam kabin bus AKAP, tentu itu akan lebih meyakinkan pencuri untuk mengambilnya saat korban dalam situasi lengah,” ucap Jusri.

Jadi, sikap waspada terhadap benda-benda bawaan selama dalam transportasi umum, khususnya bus AKAP sebaiknya tetap dilakukan biarpun bus tampak aman dan menjanjikan karena menurut Jusri potensi tindak kriminal selalu ada.

Baca Juga: Kasus Maling di Bus AKAP Nongol Lagi, Susah Diungkap Gara-gara Ini

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa