Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Lebaran Jakarta ke Jogja Makin Cepat, Tol Fungsional Sudah Disiapkan

Ferdian - Minggu, 28 Januari 2024 | 10:30 WIB
Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta
Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Otomotifnet.com - Menyambut musim libur Lebaran yang hanya beberapa bulan lagi, Tol Fungsional Solo-Yogyakarta sudah mulai disiapkan.

Rencananya Lebaran akan berlangsung pada 9-11 April 2024 mendatang.

Dalam upaya memastikan kesiapan dan pengamanannya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan peninjauan kelancaran Operasi Ketupat Libur Idul Fitri 2024, dimulai di GT Colomadu.

Menurutnya, tol fungsional Solo-Yogyakarta sudah memakai dua jalur sampai KM 13.

Sedangkan KM 13 sampai KM 23, menjadi satu jalur.

“Mudah-mudahan pada saat menjelang lebaran ini konstruksi jalannya sudah seperti yang ada sekarang ini artinya sudah finish untuk konstruksinya sehingga bisa di lalui oleh kendaraan Golongan 1,” kata Aan dilansir dari Kompas.com (26/1/2024).

Dengan dibukanya Tol Fungsional Solo – Yogyakarta sampai dengan KM 23 diharapkan dapat mengurangi beban ataupun volume arus lalu lintas.

“Dari Solo ke Klaten terutama di trouble spot di Kertosuro kemudian di Delanggu Kota Klaten ini sudah terlewati, sehingga masyarakat yang mudik dari Jakarta ke Yogyakarta waktu tempuhnya mudah-mudahan bisa lebih cepat,” katanya.

Sebelumnya pihak PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) sudah membuka Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) secara fungsional saat menyambut arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Dijelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode.

Yaitu pada 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

Maka, apabila tol fungsional Solo-Yogyakarta bisa dioperasikan ketika libur Lebaran 2024, maka banyak jalur alternatif yang pada akhirnya dapat memangkas waktu perjalanan ke wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Trase Tol Solo-Jogja Pantang Belok, Gak Peduli Terjang Makam Sakral Ini di Sleman

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa