Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Calya Dan Sigra Lebih Berwibawa, Pasang Klakson Keong Modal Rp 100 Ribuan Ini

Rendy Surya - Kamis, 7 Maret 2024 | 14:15 WIB
Klakson Autovision Wildcat
Istimewa
Klakson Autovision Wildcat

Otomotifnet.com - Faktor utama banyak pemilik mobil mengganti klakson bawaan pabrik adalah ketidakpuasan akan performa suara yang kurang nyaring dan mainstream.

Ini lantaran biasanya klakson bawaan punya bentuk single disc low tone dan hanya diberikan satu buah.

Ini yang juga dirasakan para pemilik Toyota Calya atau Daihatsu Sigra, sehingga ramai-ramai mengganti klakson bawaan mobil dengan merek klakson aftermarket yang beredar di pasaran.

Ini yang kemudian menginspirasi Autovision untuk menghadirkan produk klakson baru bernama Autovision WildCat

Klakson Autovision Wildcat
istimewa

WildCat merupakan klakson jenis keong ganda atau dual tone snail horn. 

Klakson ini mengonsumsi daya 72 watt yang menghasilkan tone frekuensi suara tinggi 500 Hz dan frekuensi suara rendah 400 Hz.

Spesifikasi tersebut diklaim memiliki karakter suara layaknya suara klakson mobil Eropa seperti BMW.

"Seperti seri klakson sebelumnya Odyssey, klakson seri WildCat menghasilkan nada suara yang lebih empuk dan warna suara menyerupai klakson original mobil BMW," buka Lily Hernawan, Direktur Sampurna Part Niaga (SPN), pemegang merek aksesori Autovision dalam rilis resminya.

Autovision WildCat menggunakan bahan plastik ABS yang sudah dirancang terhadap cuaca ekstrem dan dites lebih dari 80 ribu kali siklus klakson.

Klakson ini dibanderol dengan harga Rp 120 ribu.

"Suara klakson yang lebih empuk dan lebih enak didengar mendukung keamanan dan fungsional dalam kenyamanan berkendara," tutup Lily.

Toyota Calya 2022
iday/otomotifnet
Toyota Calya 2022

Mengenai pentingnya komponen klakson, dijelaskan Lily lagi, "Sesuai pasal 48 ayat 1 UU no. 22 tahun 2009, klakson merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan," terangnya Lily.

"Seperti fungsi lampu mobil sebagai sinyal komunikasi dalam bentuk cahaya, klakson memiliki fungsi komunikasi dalam bentuk suara dalam berlalu lintas," jelasnya lagi. 

Sebagai catatan, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 69 batas maksimal suara klakson adalah 118 desibel. Karena itu Autovision menghadirkan klakson WildCat dengan kekuatan suara hingga 115 dB.

Autovision WildCat diklaim menggunakan bahan plastik ABS yang sudah dirancang terhadap cuaca ekstrem dan dites lebih dari 80 ribu kali siklus klakson. Klakson ini dibanderol dengan harga Rp 120 ribu.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa