Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid, Baleno Sampai Jimny Busung Dada Ketemu Jalan Licin, Semua Berkat Fitur Ini

Irsyaad W - Selasa, 12 Maret 2024 | 11:00 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid di IIMS 2023.
Naufal/GridOto.com
Suzuki Ertiga Hybrid di IIMS 2023.

Otomotifnet.com - Hampir semua mobil Suzuki dilengkapi fitur canggih hingga berani busung dada ketemu jalan licin.

Mulai dari Suzuki Grand Vitara, New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, Baleno, Jimny, Ignis hingga S-Presso.

Keberanian itu berkat fitur bernama Electronic Stability Program (ESP).

Sebab fitur ESP punya peran signifikan dalam menjaga kestabilan mobil, serta memberi kontrol lebih pada pengemudi dalam kondisi berbahaya.

Beberapa waktu lalu, Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan fitur ESP memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya pada kondisi rawan seperti hujan.

"Di jalan banyak ditemui kejadian tidak terduga, terlebih pada saat hujan. Dengan membiarkan fitur ESP aktif, pengemudi dapat lebih rileks saat mengemudi, karena ESP akan berperan cepat mendeteksi kondisi perjalanan dan manuver mobil, serta secara otomatis melakukan koreksi dari sistem pengereman maupun kestabilan jika diperlukan untuk mendapatkan traksi terbaik yang memberikan rasa aman bagi pengemudi," jelasnya.

Fitur ESP merupakan sebuah sistem keselamatan aktif yang dirancang untuk membantu menjaga stabilitas saat menikung jika roda depan atau roda belakang tergelincir.

S-Presso varian baru sudah ditambahkan fitur ESP (Electronic Stability Program) dan engine auto start-stop yang tombol pengaturannya ada di dasbos sebelah kanan setir
Suzuki
S-Presso varian baru sudah ditambahkan fitur ESP (Electronic Stability Program) dan engine auto start-stop yang tombol pengaturannya ada di dasbos sebelah kanan setir

Ia akan mempertahankan traksi pada saat terjadi percepatan pada permukaan jalan yang tidak rata atau licin.

Dengan kata lain, ketika Electronic Stability Program mendeteksi potensi selip atau kehilangan traksi pada roda, maka sistem ESP akan secara otomatis merespon dengan cara mengurangi tenaga mesin atau membagi tenaga pada roda penggerak yang lebih memerlukan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa