Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tarif Tol Trans Jawa Lebih Murah Saat Lebaran, Berlaku Tanggal Segini

Ferdian - Senin, 1 April 2024 | 17:00 WIB
Ilustrasi Tol Trans Jawa
Kompas.com
Ilustrasi Tol Trans Jawa

Otomotifnet.com - Pemudik perlu tahu, tarif ruas Tol Trans Jawa akan lebih murah selama momen mudik Lebaran 2024.

Tarif tol lebih murah berlaku bagi semua golongan kendaraan dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya.

Lebih murah karena tarif tol akan kena diskon 20 persen, ini berlaku untuk jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group, yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, pemberlakukan diskon tarif tol ini berfungsi untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada arus puncak mudik dan balik.

Adapun diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 Lebaran atau pada 6 April 2024 dan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 Lebaran atau pada 15 April 2024.

"Atas dasar tersebut, potongan tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik," ujarnya dilansir dari Kompas.com (1/4/2024).

Teknis pemberlakuan diskon tarif tol ialah hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode arus mudik yaitu mulai 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Sementara untuk arus balik, diskon tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Dia menambahkan, diskon tarif tol ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik.

Untuk itu, dia mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan.

"Di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal," tuturnya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Cara Mengecek Tarif Jalan Tol Dari Google Maps

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa