Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inilah Bahaya Ikat Barang Pakai Tali dan Terpal di Atap Mobil Saat Mudik

Ferdian - Rabu, 3 April 2024 | 18:00 WIB
Ilustrasi mudik
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO
Ilustrasi mudik

Otomotifnet.com - Menjelang mudik, sering kali ditemui mobil para pemudik yang atapnya berisi barang bawaan yang ditutup terpal dan diikat tali tambang.

Berbagai barang ditaruh di atas biasanya bertujuan untuk menyiasati keterbatasan bagasi dan kabin.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, membawa banyak barang di atap dan hanya ditutupi terpal dan diikat pakai tali adalah tindakan berbahaya.

"Kalau pakai roof rack kemudian pakai terpal dan diiket maka menurut saya berbahaya," ujar Sony dikutip dari Kompas.com (1/4/2024).

"Walau mungkin tidak berbahaya buat dia (pemilik mobil) tetap buat pengemudi lain yang bisa terkena material yang terbang, jadi itu harus dipikirkan juga," kata Sony.

Sony mengatakan, jika ingin membawa barang di atap maka pemilik perlu memasang roof rack dan juga boksnya.

Boks ini penting sebagai sebagai "koper" barang-barang yang ada di atas mobil.

"Asal pas dengan pemasangannya, kontruksinya. Jadi penempatan yang benar memang harus dipasang orang yang berkompeten, kedua harus punya standar yaitu roof rack tapi ada tutupnya berupa boks," ujar Sony.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, membawa barang-barang di atas mobil yang hanya bermodal terpal merupakan tindakan asal-asalan dan dapat membahayakan.

"Yang aman berada di dalam kendaraan, lebih baik terpisah dengan penumpang dan terikat baik sehingga bila terjadi kecelakaan atau terguling, barang bawaan tidak membahayakan bagi penumpang," ucap Marcell.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa