Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hadapi Mobil Cina, Honda Nissan dan Mitsubishi Akhirnya Beraliansi

Panji Maulana - Minggu, 4 Agustus 2024 | 11:52 WIB
Nissan, Honda dan Mitsubishi meresmikan aliansi di Tokyo Jepang (2 Agustus 2024)
Istimewa
Nissan, Honda dan Mitsubishi meresmikan aliansi di Tokyo Jepang (2 Agustus 2024)

Otomotifnet.comHonda Motor Co., Ltd. (Honda) mengumumkan menjalin kerjasama atau kemitraan strategis dengan Nissan Motor Co., Ltd. (Nissan) dan Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) pada tanggal 2 Agustus 2024 di Tokyo, Jepang lalu.

Ketiga perusahaan itu menandatangani nota kesepahaman untuk bersama-sama membahas kerangka kerja lebih lanjut teknologi elektrifikasi mobil berdasarkan perjanjian yang telah ditandatangani oleh Honda dan Nissan pada tanggal 15 Maret 2024.

Honda dan Nissan berupaya untuk mempercepat inisiatif yang bertujuan mencapai netralitas karbon dan masyarakat tanpa kecelakaan lalu lintas.

"Produsen mobil Cina sangat cepat (dalam mengembangkan mobil). Kita perlu bergerak cepat untuk menyaingi mereka. Memiliki teknologi hebat bukanlah suatu kelebihan jika kita tidak dapat meluncurkannya tepat waktu (untuk memenuhi) kebutuhan pasar," beber President dan CEO Nissan, Makoto Uchida dalam konferensi pers (2/8).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kolaborasi di berbagai bidang seperti teknologi lingkungan, teknologi elektrifikasi, dan pengembangan perangkat lunak serta berbagai diskusi dilakukan dalam lingkup yang lebih luas.

"Kondisi persaingan berubah lebih cepat dari yang diharapkan dan kita tidak dapat mengejar kekuatan yang muncul jika kita terus bekerja sendiri-sendiri. Dengan bersatu, kita akan memiliki keuntungan dalam skala besar," jelas Toshihiro Mibe selaku President and Representative Executive Officer Honda seperti dikutip Nikkei Asia.

Para insinyur di Nissan dan Honda telah mulai bersama-sama meneliti chip, platform data, dan teknologi inti lainnya yang dibutuhkan untuk membuat mobil yang dilengkapi dengan perangkat lunak otomotif mutakhir.

Kedua perusahaan tersebut bermaksud untuk menyelesaikan penelitian dalam waktu satu tahun, kemudian mempertimbangkan produksi massal.

"Semoga kami dapat mengeluarkan produk tersebut sebelum tahun 2030," imbuh Toshihiro Mibe.

Sementara itu, Honda akan mempertimbangkan untuk memasok baterai lithium-ion yang dibuat oleh perusahaan patungannya dengan LG Energy Solution dari Korea Selatan ke Nissan di Amerika Utara.

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa