Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Mengendarai Mobil Listrik Agar Jarak Tempuhnya Bisa Jauh

Andhika Arthawijaya - Jumat, 4 Oktober 2024 | 16:30 WIB
Delapan unit All-new Kona Electric Signature Long Range saat dijajal awak media dari Jakarta menuju Semarang (2/10/2024)
Istimewa
Delapan unit All-new Kona Electric Signature Long Range saat dijajal awak media dari Jakarta menuju Semarang (2/10/2024)

Otomotifnet.com - Begini cara mengendarai mobil listrik agar hemat baterai, sehingga jarak tempuhnya bisa jauh.

Trik mengendarai mobil listrik agar jarak tempuhnya bisa jauh tersebut diungkapkan oleh Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), sesaat sebelum melepas rombongan awak media yang akan menguji Hyundai All New Kona Electric dari Bekasi menuju kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu kemarin (2/10/2024).

Pertama, "Hindari melakukan akselerasi dan deselerasi secara mendadak," jelas Bonar.

Sebab prilaku ini kata Bonar, terutama melakukan akselerasi secara mendadak dengan menekan pedal gas dalam, akan menguras daya baterai lebih cepat.

Sebaliknya dengan melakukan deselerasi secara mendadak, "Akan membuat mobil jadi tidak punya kesempatan melakukan regenerative braking," tambahnya.

Baca Juga: Disiksa Sejauh 500 Km Lebih, Begini Rasa Berkendara Hyundai All-new KONA Electric

Padahal dengan manfaatkan kemampuan regenerative braking, akan membuat pemakaian daya baterai kendaraan jadi lebih lama.

Seperti kita ketahui, umumnya pada kendaraan listrik memiliki fitur regenerative braking buat proses recharging baterainya secara mandiri.

Dan fitur regenerative braking ini dapat diaktifkan dalam beberapa level, dimana masing-masing level memiliki kemampuan menghasilkan pengisian ulang baterai yang berbeda-beda.

Contohnya seperti di All-new Kona Electric yang level regenaritive brakingnya dapat disesuaikan lewat paddle shifter yang ada di balik setir.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa