Nih 4 Tipe Triumph Tiger 2015, Ada On Road dan Off Road!

Dimas Pradopo - Rabu, 19 November 2014 | 13:20 WIB

(Dimas Pradopo - )


Spanyol - Di tahun 2015, line up moge penjelajah Triumph Tiger sedikit berubah. Jika sebelumnya ada tiga varian 800cc dan 1.200cc. Kali ini versi 800cc ada 4 tipe unggulan.

“Versi Adventure dengan mesin 1.200 cc belum ada perubahan, namun Tiger 800 dikembangkan jadi 4 tipe yakni 800 XR, 800 XRx, 800 XC dan 800 XCx,” jelas Indra Dwi Sunda, Marketing Manager PT Triumph Motorcycle Indonesia. Apa bedanya?

XR ternyata kode untuk tipe jalan raya atau on road, sedang versi off road-nya dilabeli XC. "Sementara varian dengan emblem 'x' di masing-masing tipe adalah top of the line generasi Tiger dengan fitur yang lebih lengkap," sambungnya.

Sedang untuk perbedaan pada kedua varian XR dan XC, paling mencolok adalah aplikasi kaki-kakinya. Tipe XR mengusung pelek casting dan roda versi jalan raya. Sedang XC menggunakan pelek jari-jari lengkap dengan ban semi pacul.

Suspensi yang dipakai pun berbeda, XC dikawal sokbraker WP dengan travel yang lebih panjang, sedang XR pakai Showa.

Untuk mesin, semua tipe motor ini dilengkapi dengan mesin 800cc DOHC tiga silinder segaris dengan power maksimal 94 dk pada 9.250 rpm dan dijelali transmisi 6 percepatan. Mesin ini dilengkapi dengan ride by wire yang memudahkan pengaturan throttle maps baik rain, road, sport maupun off road.

Bila dibandingan dengan varian sebelumnya, ada beberapa penyempurnaan seperti aplikasi sistem pendinginan yang lebih baik meski sedang berjalan di kecepatan rendah saat berada di jalur off road.

Beberapa komponen dari superbike Daytona 675 juga hadir pada Tiger terbaru, seperti per klep dan batang transmisi. Saluran bahan bakar juga ditingkatkan tekanannya untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan udara lebih sempurna, tak kalah penting Triumph juga merevisi bentuk box filter udara.

Performanya, cukup menyenangkan! Impresi pengetesannya tunggu ya, sedang kami siapkan karena hingga hari ini (19/11), OTOMOTIF masih melakukan test ride di Malaga, Spanyol.

Untuk safety, motor ini dilengkapi dengan antilock brake system (ABS), traction control dan tiga pilihan riding mode. Aman bro! (motor.otomotifnet.com)