Motor Bekas Ninja 250 Tahun 2010, Harga Stabil

billy - Jumat, 3 Januari 2014 | 11:12 WIB

(billy - )


Spidometer masih analog, berkesan jadul tapi belum ada keluhan. Riding position nyaman. Penerangan sangat mumpuni untuk jalan malam. Mesin responsif dan bertenaga besar. Tapi jangan lupa perawatan
Jakarta - Pabrikan Kawasaki identik dengan motor-motor sport, salah satu andalannya adalah Kawasaki Ninja 250. Meski sudah keluar model terbarunya dengan mesin berteknologi injeksi, model lawas yang masih bermodalkan karburator tidak kehilangan pamor. Peminatnya terhitung masih banyak untuk motor yang sudah discontinued ini.

“Sebulan kita bisa menjual sampai 10 unit motor ini, harganya pun terbilang masih tinggi karena pasar masih banyak yang cari,” kata Noval, pedagang motor bekas di Lenteng Agung, Jaksel. Pengguna motor ini mengatakan cukup puas dengan performa mesin 2 silindernya.

“Saya pakai dari tahun 2010 tidak banyak merongrong kantong. Tidak ada penyakit yang jadi langganan motor ini. Tinggal lakukan perawatan rutin saja untuk dapat menjaga performanya,” urai Andri Kurniawan, salah satu pengguna motor 250 cc ini. Belum lagi suara khas mesin 2 silinder terdengar lebih berkelas.

Barang kali Anda sedang mengincar Kawasaki Ninja 250 ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Memang tidak ada penyakit khas, tapi perhatikan kipas radiator yang terkadang kotor karena debu. “Efeknya sekering bisa putus dan mesin jadi overheat karena kipas jadi enggak berfungsi,” wanti Supri Hantono, Chief Mechanic Kawasaki Sentra Depok.

Solusinya cukup bersihkan kipas radiator dari debu, kalau di bengkel resmi kena jasa Rp 20 ribu. Sedang-kan penggantian sekring kena Rp 13 ribu, kipas sudah normal lagi. Perhatikan juga aki karena motor ini mengandalkan starter elektrik untuk menghidupkan mesin.

Mengingat usia motor yang sudah tiga tahun dengan jarak tempuh lebih dari 20 ribu km, sebaiknya lakukan servis besar. “Klep juga kerap bocor dikarenakan terhalang deposit karbon sisa pembakaran. Tenaga mesin akan terasa loyo atau ngempos,”kata Supri lagi.

Jika Anda ingin performa motor ini kembali segar seperti baru lagi, sebaiknya siapkan biaya sekitar Rp 3 jutaan untuk menebus piston dan ring piston, sil klep, paking head dan klep. Biaya ini sudah termasuk jasa pasang.

Mengingat permintaan pasar yang masih tinggi, maka harga unit di sentra motor bekas masih stabil di angka Rp 45 juta sampai 46 juta. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan motor dengan kondisi orisinal. (motor.otomotifnet.com)

Estimasi Harga: Rp 45-46 Jutaan

KELEBIHAN
1. Harga komponen cukup terjangkau
2. Performa masih terjaga
3. Kenyamanan di perjalanan jauh sudah teruji

KEKURANGAN

1. Perhatikan kipas radiator
2. Model

Biaya Service
Termasuk motor sport favorit bukan berarti biaya jasa servis dan spare parts melambung tinggi. Mari ambil contoh, untuk jasa servis dipatok Rp 120 ribu. Sedangkan untuk servis besar kena Rp 350 ribu dan overhaul Rp Rp 500 ribu. Sementara itu untuk ilustrasi biaya komponen, ada pada data berikut ini:
Kampas rem depan: Rp 205 ribu
Kampas rem belakang: Rp 205 ribu
Busi: Rp 25 ribu x 2
Filter Oli: Rp 45 ribu
Filter Udara: Rp 37 ribu
Kampas Kopling: 400 ribu
Sumber: Kawasaki Sentra Depok
Jl Margonda Raya no 501 Depok / 021-7522699