First Drive Nissan New Grand Livina X-Gear, Nyaman Bermanuver

Iday - Rabu, 22 Mei 2013 | 18:03 WIB

Nissan Grand Livina 2013 (Iday - )

Otomotifnet.com – Dalam sesi test drive Nissan New Grand Livina X-Gear pada Selasa (21/5) di Sirkuit Sentul, Jawa Barat tersedia juga trek untuk menguji kenyamanan dan handling MPV anyar tersebut. Bagaimana impresinya? Yuk, lanjut.

Trek yang disediakan di lokasi parkir paddock dirancang layaknya arena slalom dengan kun. Tapi juga ditambah beberapa gundukan polisi tidur sebagai pembuktian kenyamanan suspensi Nissan New Grand Livina X-Gear.

Desain, Gagah dan Sporty


Pada impresi pertama, kesan sporty langsung menyeruak dari desain eksteriornya. Aplikasi bodi two tone dengan roof rail khas X-Gear, kini melengkapi jajaran line up Nissan New Grand Livina.

Sementara dari dalam kabin, nuansa serba hitam siap menyambut. Desain anyar turut tampak pada bagian setir dan panel speedometer berlapis krom. Sementara center clusternya didominasi oleh headunit double din dengan LCD 7 inci.

Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2013

Performa dan Handling, Mumpuni

Nissan New Grand Livina X-Gear mengandalkan mesin 1.8 liter MR18DE yang bertenaga 130 ps yang telah disempurnakan dari edisi sebelumnya dengan aplikasi dual injection dengan valve twin VTC untuk saluran intake dan exhaust pada mesin.

Untuk sesi pertama, kami memilih varian bertransmisi manual. Mesin menyala, dan cukup senyap di kabin. Tarikan awal Nissan New Grand Livina X-Gear terasa enteng. Rpm 2.000-2.500 sudah cukup digunakan pada trek yang memaksa kami berzig-zag tersebut.

Nah, di lintasan zig-zag dan kun radius putar dengan membuat angka 8 membuktikan kemampuan handling mobil 7-seater tersebut yang terbukti tetap stabil dikendalikan. Bahkan posisi duduk yang ideal membuat kami tak banyak bergeser saat berbelok di kecepatan sedang.

Sedangkan untuk varian otomatis CVT nya tarikan awal sedikit lebih kalem, namun tak bisa dibilang lelet untuk meraih putaran mesin 2.000 rpm.

Keunggulan visibilitas dibuktikan dengan fitur sensor parkir lengkap dengan rear camera yang terhubung pada LCD panel. Alhasil, parkir dapat lebih maksimal, terutama saat memantau kondisi di balik pintu belakang.

Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2013

Kenyamanan, Nggak Takut Polisi Tidur

Di sesi uji tersebut, suspensi Nissan New Grand Livina X-Gear terbilang nyaman saat menghadapi obstacle seperti polisi tidur. Guncangan di dalam kabin tak terlalu berlebihan. Dan kestabilan berkendara tetap terjaga.