Yuk, Membaca Indikator MID

Editor - Rabu, 3 Februari 2010 | 10:43 WIB

(Editor - )


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

OTOMOTIFNET - Coba perhatikan ketika pertama kali memasukan kunci kontak, lalu taruh pada posisi ON. Pasti beragam lampu indikator berikut penjelasan pada layar mungil di tengah dasbor akan muncul. Kalau arti masing-masing lampu indikator, rasanya sudah sering diulas. Namun, apa saja sih yang tertera pada layar MID(Multi Information Display)? Yukk, sama-sama belajar apa saja yang ada di MID.

"Paling pertama terlihat deretan angka odometer berikut trip meter perjalanan kendaraan (gbr.01)," jelas Andreas, juragan bengkel Phoenix-R di Gading Auto Centre Lt.3 blok BS 2, Jakut. Kalau odometer menandakan jarak tempuh keseluruhan kendaraan, trip meter menunjukan jarak tempuh mobil per sekali jalan. Maksudnya, kalau hanya ingin tahu berapa jarak tempuh harian, tinggal pencet saja tombol untuk reset tripmeter selama beberapa detik.

Coba pencet lagi tombol reset, jangan lama-lama agar angka tidak ter-reset, kali ini angka berubah ke penunjukan konsumsi bahan bakar. Ada konsumsi bahan bakar rata-rata per jarak tempuh total, ada juga yang menunjukan konsumsi per jarak tempuh harian.

Misal OTOMOTIF menulis konsumsi BBM rata-rata per kecepatan 100 km/jam. Tinggal reset saja tombol konsumsi ketika kendaraan berjalan di kecepatan 100 km/jam. Standar operasi OTOMOTIF berjalan sekitar 100 km untuk mendapatkan konsumsi ideal di kecepatan tersebut. Mau membayangkan seberapa jauh jarak yang biasa ditempuh awak redaksi? Jalankan saja mobil keliling tol dalam kota Jakarta sebanyak 2 lap dari kantor redaksi.

Kalau ingin mengetahui konsumsi total rata-rata, jangan reset tombol. ECU akan membagi konsumsi BBM dengan jarak tempuh total kendaraan. Jadi kalau ingin tahu konsumsi rata-rata dalam kota, jalankan saja berkeliling kota sampai trip meter menunjukan angka 100 km. Maka layar akan menunjukan hasil konsumsi BBM dalam kota (gbr.02).

Lanjut ke layar berikut, biasanya MID akan menunjukan sisa jarak tempuh maksimal dengan total BBM yang ada dalam tangki. Misal angka di layar menunjukan 134 km. Artinya kalau dalam 134 km berikutnya tidak mengisi BBM, bisa jadi harus dorong mobil deh.

Coba tekan lagi tombol MID, beberapa lansiran canggih akan menampilkan fungsi audio ataupun pengaturan fitur AC. Bahkan untuk keluarga Mercedes-Benz sanggup menampilkan problem pada mesin (gbr.03), termasuk berapa kapasitas oli dalam mesin. Tapi dengan catatan, fungsi ini hanya bisa dikerjakan ketika mesin dalam keadaan mati.

Begitu juga BMW seri 7 terbaru, pendar lampu pada layar MID akan berubah warna seiring kinerja kendaraan. Lampu hijau untuk kondisi normal, sebaliknya apabila warna merah yang berpendar, ada masalah pada sistem kendaraan (gbr.04).

Penulis/Foto: Rio / F.Yosi