MotoGP : Marc Marquez Raih Pole Position, Mengaku Sulit Pilih Ban

Minggu, 27 April 2014 | 10:16 WIB


Meski sudah meraih pole position, Marc Marquez masih mengeluhkan strategi penggunaan ban buat balap hari ini. Catatan waktu Marquez 1 menit 37,683 detik hanya mampu didekati Jorge Lorenzo dengan jeda 0,742 detik.

Strategi ban depan hard dan belakang medium jadi andalan Marquez saat kualifikasi. Hanya Dovisiozo yang juga menggunakan paduan ban ini di sesi kualifikasi 2. Diakui Marc kalau pilihan ban cukup menyulitkan buat balap 25 lap nanti.

“Hari ini aku merasa baik di atas motor dan aku senang sudah mendapat pole position. Pada pagi dan sesi latihan 4, kami bekerja keras dengan ban yang sudah dipakai dan hari inikami fokus pada kualifikasi,” ujarnya.

“Aku membuat lap yang sangat baik dan aku pikir besok akan menarik untuk melihat ban mana yang diperlukan buat lomba, karena banyak pilihan buat ban depan dan belakang, bakal jadi pilihan sulit. Salah satu kunci balap adalah manajemen ban, supaya bisa mencoba grip maksimal sampai akhir lomba, sehingga memungkinkan kami membuat perbedaan,” lanjutnya.

“Sejujurnya kemarin aku berharap cengkeraman bisa membaik hari ini jadi bisa lebih kencang saat kualifikasi, tapi cengkeramannya sama saja. Yah, 1 menit 37 detik cukup kencang tapi lebih penting lagi esok hari. Kami masih harus membuat keputusan untuk ban depan dan belakang. Itu penting. Kami juga akan mencoba beberapa hal saat warm up untuk meningkatkan kemampuan masuk tikungan,” beber MM93.

"Balapan akan panjang karena aku pikir semua berjuang dengan usia pakai ban dan kami harus berusaha mengaturnya sebaik mungkin,” tukasnya. (otosport.co.id)