Trail Suzuki DR200S 2015, Cocok Gantikan TS125!

Dimas Pradopo - Selasa, 24 Juni 2014 | 12:34 WIB

(Dimas Pradopo - )


Amerika Serikat - Dulu, Suzuki melegenda dengan trail low entry-nya TS125. Motor dual purpose ini bisa diandalkan untuk blusukan di medan off road maupun di jalanan perkotaan. Tapi sayang, setelah dihentikan penjualannya, hingga kini Suzuki di Indonesia tak lagi meluncurkan produk serupa. Apakah Suzuki sudah kehabisan line up?

Siapa bilang Suzuki tak punya lagi varian dual purpose, ini buktinya! DR200S versi 2015 yang baru saja diperkenalkan di Amerika Serikat. Meski diperuntukan sebagai trail jalanan, tapi body styling-nya diwujudkan dari insprasi trail special engine Suzuki RM-Z. Bisa dilihat pada bentuk cover tangki dan bodi bagian sampingnya.

Lampu belakang dan panel indikator adalah beberapa bagian yang ikut didesain ulang dari model sebelumnya. Joknya pun kini dibuat lebih menyatu dengan tangki baru yang kapasitasnya 15,4 liter. Wah cocok buat jalan jauh.

Masih soal perjalanan jarak jauh, Suzuki juga mendesain ergonomi motor ini lebih cocok untuk turing. Jok yang tebal dan lebar jadi salah satu cirinya.

Sedang untuk mesinnya, motor ini mengusung kapasitas ruang bakar 199cc satu silinder. Suzuki mengklaim mesin ini membuat motor tetap ringan dan mudah bermanuver karena bobotnya tidak berat, namun memiliki torsi yang baik sesuai kebutuhan motor trail.

Salah satu keunggulan yang dberikan Suzuki adalah teknologi Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) pada silinder bloknya, tentunya agar ruang bakarnya lebih awet dan minim gesekan. Fitur lain yang ditawarkan adalah disk brake di roda depan, sokbraker belakang dengan setingan pre-load dan electric starter.

Harganya, di Amerika dijual 4.499 USD atau setara dengan Rp 53,2 jutaan. Wah seandainya diproduksi di Indonesia, harganya bisa lebih murah dan jadi kompetitor Kawasaki KLX 150L nih! (motor.otomotifnet.com)