Prosedur Meninggalkan Mobil, Audio Dan Eksterior

billy - Rabu, 22 Agustus 2012 | 11:03 WIB

(billy - )


Audio

Jika mobil akan ditinggal atau tak digunakan dalam waktu cukup lama, perlu memperhatikan beberapa hal kecil namun penting seperti di bawah ini, agar sound system tak bermasalah saat mobil digunakan kembali.

Terutama di bagian driver utama sistem audio mobil, seperti tidak meninggalkan keping CD atau DVD dalam head unit atau monitor. Sebab jika posisi CD terdiam lama di bagian dalam slot, dikawatirkan akan mengganggu mekanisme motor untuk keluar/masuk, terlebih jika keping CD sudah agak bengkok akibat kepanasan.

Jangan lupa melumasi bagian engsel monitor (model in-dash) sebelum meninggalkan mobil dalam waktu cukup lama. Supaya gigi pada mekanisme engsel tidak kaku akibat lama tak digunakan. "Kalau bagian speaker, subwoofer atau boks, tidak perlu perlakuan khusus jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama," tandas Clement, spesialis car audio di Bintaro Trade Center, Bintaro Jaya sektor 7, Tangerang.

Eksterior

Perhatikan tempat menyimpan. Jika garasinya tertutup, misal akan dikerudungi sarung, mobil jangan dicuci dulu. "Sebaiknya tunggu sehari karena masih ada sisa air yang bisa jadi problem. Dalamnya bisa lembab," ujar Daniel Saputra, manajer bengkel salon mobil Show Car Garage di Jln. Meruya Ilir Raya No.191, Jakbar.

Jangan ditutup pakai sarung bahan parasut, kalau habis dicuci lalu ditutup ruangan jadi lembab karena uap tidak bisa keluar. Ini bikin jamuran. Sarung mobil juga bisa bikin jamuran di permukaan cat atau ruang AC, kolong-kolongnya jadi lembab, kaca dan bodi timbul flek.

Untuk garasi model terbuka, "Dipoles dulu boleh. Disarungkan atau enggak terserah saja. Lebih baik enggak usah disarungkan. Kalau mau dipoles boleh saja, kalau nanti debuan tinggal dibersihkan lagi, jadi kalau mau pakai tinggal jalan," imbuhnya. (mobil.otomotifnet.com)