Sekilas Info, Mengenal Metal Jalan

billy - Senin, 19 Maret 2012 | 07:07 WIB

(billy - )


Fungsi metal jalan adalah melapisi atau menjadi bantalan untuk stang piston. Sementara itu metal duduk berfungsi untuk menjadi bantalan ketika kruk as berputar. Namun keduanya bisa rusak karena kualitas oli yang buruk karena tidak rutin diganti, atau menggunakan oli dengan tingkat kekentalan tidak sesuai.

Penyebab lainnya adalah saringan oli tidak diganti secara rutin sehingga oli kotor dibypass dan dipaksa mengalir ke komponen vital. Tambahan lain adalah pompa oli yang sudah mulai rusak sehingga tekanan oli menjadi berkurang sehingga tidak bisa melumasi ke seluruh bagian yang berputar. Terakhir penyebabnya adalah mobil menerjang banjir dan terjadi water hammer. Inilah penyebab-penyebab yang merusak komponen-komponen tersebut.

“Gejala kedua metal sudah kena, ada bunyi glok..glok atau bunyi pukulan yang berat dan berulang dari bawah. Untuk membedakannya adalah, kalau metal jalan, dengan mematikan pengapian per silinder, bunyi tersebut berkurang, bahkan hilang,” ujar Septianto, Area Technical Leader Tunas Toyota Pasar Minggu. Jika metal duduk tidak ada pengaruhnya. Kalau sudah begini, berarti Anda harus menyiapkan dana ekstra untuk turun mesin (overhaul) (mobil.otomotifnet.com)