Ragam Subwoofer Nissan March, Manfaatkan Ruang Terbatas

billy - Kamis, 13 Oktober 2011 | 06:03 WIB

(billy - )

 
JAKARTA - Peranti audio Nissan March standar, tergolong masih belum mampu memanjakan telinga penunggangnya. Salah satu kekurangannya, adalah speaker yang kurang hentakan alias tidak mengeluarkan nada rendah (bass) yang diharapkan. Namun, tak perlu khawatir, ada bebarapa cara bisa dilakukan agar kualitas suara dari sistem audionya menjadi lebih baik.

Ringan
Layaknya hatchback, tentu kabin Car Of The Year 2011 OTOMOTIF ini tak selega MPV atau SUV, bahkan sedan. Ruang barang dan orang seolah menyatu dengan kabin berukuran ‘seadanya'. Oleh sebab itu, pemanfaatan ruang perlu dilakukan semaksimal mungkin.

"Ada beberapa tempat bisa digunakan, seperti di kolong jok, misalnya," ungkap Andrie Wijaya dari Bassindo di SPBU 34 Ruko 1, kawasan Kelapa Gading Boulevard Barat, Jakut. Di kolong jok ini, bisa ditempatkan subwoofer aktif yang simpel dan tak memerlukan tambahan terlalu banyak untuk mengaktifkannya.

"Kisaran harga subwoofer aktif ini mulai harga Rp 1 juta hingga Rp 2,9 juta, semua menggunakan subwoofer berdiameter 8 inci," tukasnya.

Menurut Bari Setiadi, dari Baze Audio di Jln Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar, penggunaan subwoofer aktif di kolong jok memang tidak memakan tempat teralu banyak. Tetapi, tentu dentuman suara yang keluar pun tak terlalu besar.

"Diameternya keci dan boksnya pun tak besar, idealnya sih bisa menggunakan subwoofer 10 inci saja. Kalau 12 inci terlalu besar," ujarnya. Bari pun menjelaskan, harga kisaran subwoofer ini sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta-an.

 Power Amplifier juga memakan tempat sendiri
Soal penempatannya, tentu harus menggunakan boks. Otomatis harus memanfaatkan bagasi. Begitu pun power amplifiernya perlu tempat tersendiri. "Boks yang bisa dilepas, atau terpasang pada dinding bagasi bisa dipakai," ungkap Jasum dari Pesona Audio di kawasan Joglo, Jakbar.

Boks yang bisa dilepas, tentu bisa mengembalikan ruang bagasi menjadi seperti standar, walau saat terpasang tentu kemungkinan boks bergeser tetap ada.

Sementara model permanen, bisa ditempatkan di sisi bagasi, dengan konsekuensi ruang bagasi akan berkurang dengan adanya boks dan subwoofer ini. Tetapi, yang terpenting, kualitas audio pun makin baik.   (mobil.otomotifnet.com)