Mercedes S-Class Plug-In Hybrid

Editor - Selasa, 5 Januari 2010 | 12:12 WIB

(Editor - )


Foto: S-Class

OTOMOTIFNET – Bila Toyota belum berniat untuk mengkomersilkan teknologi plug-in hybrid, berbeda dengan Mercedes. Pabrikan asal Jerman ini telah berniat untuk merilis teknologi tersebut secara massal.

Teknologi plug-in hybrid sedikit berbeda dengan teknologi hybrid biasa (konvensional). Plug-in hybrid memungkinkan pengemudi melakukan charge baterai lewat colokan listrik yang telah disediakan. Boleh dibilang mobil semi listrik.

Plug-in hybrid pada Mercedes akan disematkan pada generasi terbaru S-Class yang diramalkan akan dirilis pada 2013 mendatang.

Dikabarkan generasi terbaru S-Class akan mengedepankan soal efisiensi. Namun, khusus untuk versi plug-in hybrid akan hadir dengan bobot yang lebih ringan dan lebih aerodinamis.

Sebuah sumber juga mengatakan bahwa konsumsi S-Class Plug-In Hybrid bisa mencapai 34 km/liter dan emisi gas buang hanya 100 g/km.

Untuk urusan dapur pacu, sebuah sumber mengatakan bahwa pabrikan berlambang three-pointed-star tersebut akan membenamkan mesin 5000 cc. Tentu saja mesin tersebut juga akan ditemani oleh sebuah motor listrik dan baterai lithium-ion.

Seperti pada sistem hybrid yang sekarang, tak akan ada mode elektrik di plug-in hybrid versi Mercedes. Jadi, motor listrik hanya berfungsi untuk membantu kerja mesin.

Tapi beberapa fitur khas mobil hybrid akan tetap hadir. Sebut saja stop-start system, regenerative brake, dan lain-lain.

Sampai saat ini belum ada kabar apakah versi hybrid konvesional juga akan hadir di line-up S-Class terbaru.

Meskipun belum ada pengumuman resmi mengenai kapan S-Class Plug-In Hybrid ini akan dirilis, tapi banyak pihak yang mengatakan bahwa pada 2014 mobil mewah ramah lingkungan ini sudah diproduksi secara massal.

Penulis : Dika/AZ
Foto: Mercedes-Benz