Newey Akui Persaingan di F1 Sekarang Begitu Kompetitif

Bagja - Rabu, 12 Desember 2012 | 10:48 WIB

(Bagja - )


Pengetatan regulasi yang berlaku sejak musim kompetisi 2009 dan pembatasan peraturan, memang membuat ide tim-tim F1 dalam mengembangkan mobil mereka jadi lebih luas. Hal ini diakui oleh teknisi tim Red Bull yakni Adrian Newey yang menilai bahwa sekarang regulasi sudah sangat ketat. Alhasil musim depan, setiap tim ditantang untuk mampu menunjukkan performa terbaiknya.

Meski tim Red Bull menunjukkan dominasi yang kuat di atas sirkuit selama empat tahun terakhir ini, Newey memaparkan bahwa kedepannya akan semakin sulit. Pasalnya tidak ada perubahan regulasi yang nyata sejak tahun 2009.

"Pentas F1 kedepan begitu kompetitif dan sepanjang musim ini, ada delapan pembalap berbeda yang mampu naik podium pertama," papar Newey. Menurutnya statistik tersebut menunjukkan betapa kecilnya margin performa mobil F1 saat ini. Tercatat selama musim 2012 terdapat enam tim berbeda yang mengecap kesuksesan, yakni Red Bull, McLaren, Ferrari, Lotus, Mercedes GP, dan Williams.

"Setiap seri balapan, begitu banyak variabel yang berimbas pada pergantian dominasi tim di F1. Soal kompon ban, setiap tim jelas memiliki strategi yang berbeda dengan kompetitornya. Terkadang trek dengan layout khusus dan temperatur tertentu bisa menguntungkan sebagian mobil,” ungkap Newey.

“Misalnya pada tikungan cepat di Sirkuit Silverstone atau tikungan lambat di Sirkuit Abu Dhabi, peran cuaca tentu sangat berpengaruh. Kondisi tersebut membuktikan sulitnya satu tim mendominasi di semua sirkuit," pungkasnya. (otosport.co.id)